Saturday, August 23, 2014

Peran dan Ideologi Nasionalisme di Indonesia

Nasionalisme merupakan paham tentang bangsa ( nation ). Nasionalisme dapat dikatakan sebagai respon terhadap stimulus/ rangsangan yang berkaitan dengan tantangan yang dihadapi oleh sekelompok masyarakat/ bangsa.
Ciri bangsa antara lain komunitas yang memiliki ikatan ras senasib sepenanggungan yang menempati suatu wilayah/ negara, mempunyai cirri cultural yang menjadi batas pengertian bangsa.
Roeslan Abdul Gani mengatakan nasionalisme muncul karena stimulus yang diberikan dari kolonialisme. Terjadi pertentangan antara lairnya nasionalisme di Indonesia yaitu tahun 1908 dengan lahirnya Boedi Oetomo dan tahun 1905 dengan lahirnya Sarekat Islam.
Kriteria gerakan nasionalis antara lain organisasi sudah modern, tidak tergantung pada seseorang, bersifat nasional dan bertujuan untuk kemajuan nusantara serta perjuangan bersifat makro atau nasional.

Kolonialisasi di Indonesia menjadi stimulus bagi lahirnya nasionalisme. Ketika Indonesia bisa lepas dari kolonialisasi maka Indonesia memiliki tantangan berupa kemiskinan dan ketidakadilan, dll.

No comments:

Post a Comment