Thursday, December 25, 2014

PENDEKATAN, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN BAHASA

Dalam pembelajaran bahasa, istilah pendekatan, metode dan teknik pembelajaran saling berhubungan atau saling menentukan. Artinya, pendekatan menentukan metode dan metode menentukan teknik yang ketiganya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pendekatan ialah sikap atau pandangan tentang sesuatu yang biasanya berupa asumsi atau seperangkat asumsi yang saling berhubungan dengan sesuatu. Pada dasarnya para ahli membagi pandangan tentang proses pembelajaran itu menjadi dua aliran yaitu aliran empiris/ behavioris/ mekanis/ Bloomfield dan aliran rasionalis.

ALIRAN EMPIRIS/ BEHAVIORIS/ MEKANIS/ BLOOMFIELD
Prinsip dari aliran Bloomfield antara lain:
a.       Bahasa adalah ujaran. Artinya hakikat bahasa adalah sesuatu yang dihasilkan oleh organ manusia, yaitu mulut yang bermakna.
b.      Bahasa adalah serangkaian kebiasaan. Bila seseorang terbiasa berbicara baik maka bila terantuk sesuatu maka yang ke luar dari mulutnya adalah kata yang baik.
c.       Ajarkanlah bahasanya, bukan tentang bahasanya. Artinya siswa harus diberi kesempatan seluas- luasnya untuk menggunakan bahasa itu dalam komunikasi baik lisan maupun tulisan.
d.      Bahasa adalah apa- apa yang dikatakan oleh para pemakainya, bukan apa yang oleh seseorang seharusnya dikatakan demikian. Artinya bahasa menenntukan kaidah bahasa, bukan kaidah  bahasa menentukan bahasa.
e.      Tidak ada satupun bahasa yang persis sama dengan bahasa lain

ALIRAN RASIONALIS/ MENTALIS/ NOAM CHOSKY
Prinsipnya :
a.       Suatu bahasa yang hidup ditandai oleh kreativitas yang dituntut oleh aturan- aturan. Dalam hal ini bahasa Indonesia adalah bahasa yang hidup karena ditandai oleh kreativitas dalam pengembangan bentukan kata sesuai dengan aturan- aturan yang ada dalam bahasa Indonesia. Selain ada bahasa yang hidup, kita mengenal pula bahasa yang sudah mati yaitu bahasa yang sudah tidak dipakai lagi sebagai alat untuk berkomunikasi lisan tetapi bukti keberadaan bahasa itu masih ada sampai sekarang, contoh bahasa latin dan bahasa Sanskerta.
b.      Aturan- aturan tata bahasa nyata bertalian dengan tingkahlaku kejiwaan
c.       Manusialah satu-satunya makhluk yang dapat belajar bahasa

d.      Bahasa yang hidup adalah bahasa yang dapat dipakai dalam berpikir.

No comments:

Post a Comment