Saturday, May 16, 2015

Proposal PTK-ku untuk Tugas PLPG Tahun 2013: Penggunaan Teknik Student Team's Achievement Division ( STAD ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Kerajaan- Kerajaan yang Bercorak Hindu- Budha di Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Branjang Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Dalam kesempatan ini saya akan menampilkan proposal PTK saya yang saya buat untuk pembuatan proposal PTK dalam program PLPG tahun 2013 di Kaliurang.

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENGGUNAAN TEKNIK STUDENT TEAM’S ACHIEVEMENT DIVISION (STAD ) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KERAJAAN- KERAJAAN YANG BERCORAK HINDU- BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BRANJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


Oleh :
Zahrotul Mujahidah

No Urut 08





PLPG RAYON 111
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2013

BAB I. PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Pelajaran IPS Sejarah dirasakan sangat sulit bagi siswa karena cakupan materi yang banyak  sehingga cenderung malas untuk balajar. Akibatnya siswa tidak bisa memahami konsep sejarah dan hasil belajar pun tidak baik. Banyak siswa yang nilai ulangan harian maupun ulangan akhir semester/ ulangan kenaikan kelas jelek. Siswa menganggap materi IPS sejarah harus banyak menghafal mulai dari tanggal, tokoh, tempat dan kejadian masa lalu.  Dari kurangnya pemahaman konsep sejarah mengakibatkan siswa menganggap materi pelajaran IPS Sejarah tidaklah penting. Apalagi materi IPS umumnya dan Sejarah pada khususnya tidak termasuk mata pelajaran yang di UNAS kan. Dari fakta ini menyebabkan makin buruknya kesadaran cinta tanah air dan bangsa. Padahal kita diingatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa sejarah/ jasa para pahlawannya.
Terlepas dari kebijakan pemerintah yang tidak memasukkan materi IPS Sejarah sebagai mata pelajaran UNAS, guru harus kreatif agar siswa senang dan dapat memahami konsep. Untuk itu guru bisa menerapkan teknik Student Teams Achievement Division ( STAD ). Dari teknik ini siswa dibagi menjadi enam kelompok, dan diberi tugas untuk membuat makalah kerajaan yang bercorak Hindu- Budha. Melalui kegiatan ini siswa mau tidak mau sudah mambaca materi terlebih dahulu. Setelah makalah jadi, maka dipresentasikan di kelas. Siswa dari kelompok lain bisa mengajukan pertanyaan ke kelompok yang mempresentasikan makalah. Siswa yang mempresentasikan makalah bisa bekerjasama dalam menjawab pertanyaan. Kemudian guru meluruskan jawaban- jawaban yang diungkapkan. Jadi, siswa tidak hanya mengandalkan guru IPS untuk memahami materi pelajaran.

B.      Rumusan Masalah
Berdasar latar belakang di atas dapat diambil rumusan masalahnya sebagai berikut : Apakah teknik Student Team’s  Achievement Division ( STAD ) dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu- Budha di Indonesia siswa kelas V SD Muhhammadiyah Branjang semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014 ?

C.      Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah :
a.      Siswa lebih mencintai dan menghargai sejarah bangsa pada umumnya dan materi pelajaran IPS Sejarah pada khususnya.
b.      Menguji manfaat Student Team’s  Achievement Division ( STAD ) dalam meningkatkan pemahaman konsep Kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu- Budha di Indonesia siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014.

D.     Manfaat Hasil Penelitian
a.      Bagi siswa
·         Siswa lebih senag mempelajari IPS Sejarah
·         Siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar
·         Siswa bisa berinteraksi dengan teman dan guru
·         Prestasi belajar meningkat
b.      Bagi guru
·         Meningkatkan keterampilan dalam mengelola kelas
·         Meningkatkan keterampilan dalam inovasi pembelajaran
·         Meningkatkan ilmupengetahuannya
c.       Bagi Kepala Sekolah
·         Mengetahui kreatifitas dan prestasi guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
·         Mengetahui prestasi siswa dalam proses belajar mengajar IPS Sejarah

BAB II. KERANGKA TEORITIK DAN HIPOTESIS TINDAKAN
a.      Kerangka Teoritik
Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan teori- teori tentang pentingnya materi sejarah bagi siswa serta dasar teknik STAD. Pada akhir sejarah terdapat tujuan yang memberi makna kepada sejarah. (Sartono  Kartodirjoh  1986, hal 108 ). Makna sejarah sendiri tergantung pada masanya. Sejarah yang mendapat dukungan  Romantisisme menciptakan sistem dan masyarakat politik yang lebih dikenal sebagai “Negara Nasional” ( Sartono, hal. 112 ). Dalam hal ini tugas sejarah pada umumnya dan pelajaran sejaran pada khususnya mengarah pada kepentingan negara nasional Indonesia.
Mengingat pentingnya sejarah, guru IPS memiliki tugas penting untuk selalu mengingatkan siswa bahwa sejarah bukan hanya untuk syarat naik kelas atau kelulusan. Oleh karena itu, pekerjaan rumah bagi guru IPS adalah menjadi sarana bagi siswa untuk bisa memahami konsep sejarah mulai dari masa pra aksara sampai sejarah Hindu- Budha, masa Islam, masa memperjuangkan kemerdekaan dan masa mempertahankan kemerdekaan.
Agar siswa dapat memahami konsep sejarah dengan baik guru dapat menerapkan berbagai macam metode/ teknik pembelajaran. Mengingat berbagai kesulitan dari metode- metode yang ada, peneliti berusaha menerapkan metode/ teknik yang sekiranya membuat siswa belajar menemukan fakta sejarah dari buku- buku literatur yang relevan dengan silabus IPS Sejarah. Peneliti mencoba menguji metode/ teknik Student Team’s Achievement Division ( STAD) dalam pemahaman konsep sejarah bagi siswa kelas V. Penerapan metode ini menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran, seperti pendekatan kooperatif, kontekstual, dan konstruktif. (Herdian,S.Pd. M.Pd.)

Penerapan metode STAD terdiri atas siklus pembelajaran yang membawa siswa pada suasana kerja sama yang diharapkan. Siklus kegiatan pembelajaran tersebut adalah:
1.      Mengajar: menyajikan pembelajaran,
2.      Belajar dalam tim: siswa bekerja dalam tim dengan dipandu oleh lembar kegiatan untuk menuntaskan materi pelajaran,
3.      Tes: siswa mengerjakan kuis atau tugas lain secara individual (misalnya tes esai atau kinerja),
4.      Penghargaan tim: skor tim dihitung berdasarkan skor peningkatan anggota tim, laporan berkala kelas. Papan pengumuman digunakan untuk memberi penghargaan kepada tim yang berhasil mencetak skor tinggi. (Herdian,S.Pd. M.Pd.)

b.      Hipotesis Tindakan
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik Student Team’s Achievement Division ( STAD ) dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu- Budha di Indonesia siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014.

BAB III. RANCANGAN PENELITIAN
A.     Setting Penelitian
Tempat
:
SD Muhammadiyah Branjang
Waktu penelitian
:
6 bulan ( Januari- Juni 2014 )
Subyek penelitian
:
Siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang

B.      Rancangan Tindakan
Adapun rancangan tindakan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Tahap Awal
Pada tahap ini peneliti melkukan penjajagan yaitu dengan memfokuskan pada permasalahan yang ada, kemudian menganalisisnya. Selanjutnya merumuskan masalah yang relevan dan dapat dijadikan sebagai rumusan masalah yang akan diteliti dan dipecahkan melalui STAD yang akan dilaksanakan.
2.      Tahap Penyusunan Rencana Tindakan
Berdasarkan rumusan masalah yang ada, peneliti menyusun dan mengembangkan rencana/ skenario tindakan yang akan dilakukan, sehingga siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang dapat memahami konsep materi kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu- budha di Indonesia.
3.      Tahap pelaksanaan/ Implementasi Tindakan
Adapun langkah yang akan dilakukan dalam STAD sebagai berikut :
-          Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok
-          Kelompok diberi tugas membuat makalah tentang kerajaan Tarumanegara, Mataram Hindu- Budha, Singasari, kediri, Sriwijaya dan Majapahit.
-          Masing- masing kelompok mempresentasikan makalahnya.
-          Siswa dari kelompok lain mengajukan pertanyaan ke kelompok yang mempresentasikan makalah.
-          Kelompok yang mempresentsikan makalah saling bekerjasama dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.
-          Guru mengoreksi, meluruskan pertanyaan dan jawaban dari para siswa.
-          Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang dipresentasikan.
4.      Tahap Observasi
Peneliti melakukan observasi terhadap kegiatan belajar mengajar dari awal sampai akhir kegiatan. Peneliti mencatat kejadian- kejadian selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan cermat.
5.      Tahap Refleksi
Menganalisis data, mengevaluasi apakah pelaksanaan STAD menghasilkan apa yang peneliti harapkan. Apakah ada kekurangan, kelebihan, di mana letak  kekurangannya sebagai dasr untuk perlu tidaknya dilakukan kegiatan ulangan atau untukmenyusun rencana kegiatan bverikutnya sehingga hasil akhir PTK benar- benar memuaskan.

C.      Data dan Teknik Pengumpulannya
1.      Bentuk dan Analisis Data
Data berbentuk kualitatif, sehingga data dianalisis secara kualitatif. Meski demikian dari segi frekuensi, apa yang dilakukan oleh guru dan siswa termasuk hasilnya dapat berupa kuantitatif ( angka- angka).
Tentunya pengujian terhadap hipotesis bahwa penggunaan teknik Student Team’s Achievement Division ( STAD ) dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu- Budha di Indonesia siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014 tersebut dinyatakan dalam bentuk kualitatif. Artinya terjadi peningkatan atau tidak terjadi peningkatan pemahaman konsep bagi siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang dengan metode STAD.
2.      Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi, interview, dokumen dan metode lain yang disesuaikan dengan keadaan di lapanngan saat melakukan kegiatan.
Adapun instrumen pengumpul data yang digunakan peneliti antara lain :
-          Lembaran observasi
-          Pedoman interview
-          Daftar pertanyaan yang diajukan para siswa ketika dilakukan kegiatan
-          Dokumen ( foto )
-          Check list, dll.


JADWAL PENELITIAN

NO
KEGIATAN
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
Bulan 5
Bulan 6
1
Identifikasi masalah
M1





2
Pengadaan ATK
M1





3
Penyusunan proposal
M1-2





4
Design instrumen
M3-4





5
Pelaksanaan STAD dan pengumpulan data

M1-4
M1-4
M1-4


6
Analisis data



M4
M1-4

7
Penyusunan laporan




M4
M1
8
Seminar hasil penelitian





M2-3
9
Revisi laporan ( bila perlu )





M3
10
Pengiriman laporan





M4


DAFTAR PUSTAKA

Herdian. 2010. Ada apa dengan Student Team’s Achievement Division (STAD).
IGAK Wardani, Kuswaya Wihardit, Noehi Nasution. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Nur Azizah. 2010. Penerapan STAD ( Student Team’s Achievement Divisionn) pada Pembelajaran Persamaan Garis Lurus untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM
Sartono Kartodirjo. 1986. Ungkapan- ungkapan Filsafat Sejarah Barat dan Timur. Jakarta : PT Gramedia


BIODATA PENELITI

Nama
:
Zahrotul Mujahidah, S. Pd.
NIP
:
-
Tempat Tanggal Lahir
:
-
Pangkat/ golongan Ruang
:
-
Pendidikan terakhir
:
S 1 Pendidikan Sejarah UNY 2004
Pekerjaan
:
Guru Tetap Yayasan




No comments:

Post a Comment