Thursday, October 03, 2013

Pegunungan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Jawa Tengah dilewati oleh rangkaian pegunungan, yaitu Pegunungan Serayu Utara dan Pegunungan Serayu Selatan. Rangkaian Pegunungan Serayu Utara membentuk rantai pegunungan yang menghubungkan rangkaian Bogor di Jawa Barat dengan Pegunungan Serayu Utara.
Di sebelah selatan terdapat Pegunungan Kapur Utara dan Pegunungan Kendeng. Di ujung baratnya terdapat Gunung Slamet, dan bagian timur merupakan Dataran Tinggi Dieng dengan puncak-puncaknya Gunung Prahu dan Gunung Ungaran.Provinsi Jawa Tengah memiliki beberapa gunung berapi yang masih aktif. Beberapa di antaranya adalah Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Dieng. Daerah dengan curah hujan tinggi terdapat di Nusakambangan bagian barat, dan sepanjang Pegunungan Serayu Utara. 


Sedangkan di wilayah Yogyakarta, memiliki Pegunungan Sewu  yang terbentang memanjang di sepanjang pantai selatan Daerah Ismtimewa Yogyakarta, Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) hingga Kabupaten Tulungagung (Jawa Timur) di pulau Jawa. Deretan pegunungan Sewu terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Batuan kapur menjadi ciri khas pegunungan ini.
Pegunungan ini memiliki bentang alam kawasan karst yang sangat unik, hal tersebut dicirikan dengan adanya fenomena di permukaan (eksokarst) dan bawah permukaan (endokarst). Fenomena permukaan meliputi bentukan positif, seperti perbukitan karst yang jumlahnya ± 40.000 bukit yang berbentuk kerucut. Bentukan negatifnya berupa lembah-lembah karst dan telaga karst.
Fenomena bawah permukaan meliputi goa- goa karst yang berjumlah tidak kurang dari 119 goa yang memiliki stalaktit dan stalakmit, dan semua aliran sungai bawah tanah.  

Sumber:

No comments:

Post a Comment