Wednesday, October 23, 2013

Wilayah Geografis Indonesia


Indonesia yang terletak di wilayah Asia Tenggara memiliki ribuan pulau baik bernama  maupun tak bernama. Selain itu wilayah perairan Indonesia juga sangat luas setelah adanya Deklarasi Djuanda.

Para ahli membagi wilayah Indonesia menjadi  bagian utama yaitu :
1.       Kepulauan Sunda Besar yang  meliputi pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi.
2.       Kepulauan Sunda Kecil yang meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
3.       Kepulauan Maluku dan Irian

Pada zaman es, pulau Jawa, sumatera, Kalimantan dan Sulawesi bersatu sampai wilayah benua Asia. Di bagian timur Indonesia, terdapat daratan Sahul yang terhubung ke benua Australia dan memungkinkan fauna dan flora Australia berpindah ke bagian timur Indonesia. Pada bagian tengah terdapat pulau-pulau yang terpisah dari kedua benua tersebut.

Karena hal tersebut maka ahli biogeografi membagi Indonesia atas kehidupan flora dan fauna yakni:
1.       Daratan Indonesia Bagian Barat dengan flora dan fauna yang sama dengan benua Asia ( Flora dan Fauna tipe Asiatik )
2.       Daratan Indonesia Bagian Tengah (Wallacea) dengan flora dan fauna endemik/hanya terdapat pada daerah tersebut ( Flora dan Fauna tipe Peralihan )
3.       Daratan Indonesia Bagian Timur dengan flora dan fauna yang sama dengan benua Australia ( Flora dan fauna tipe Australis ).

Ketiga bagian daratan tersebut dipisahkan oleh garis maya/imajiner yang dikenal sebagai Garis Wallacea-Weber, yaitu garis maya yang memisahkan Daratan Indonesia Barat dengan daerah Wallacea (Indonesia Tengah), dan Garis Lyedekker, yaitu garis maya yang memisahkan daerah Wallacea (Indonesia Tengah) dengan daerah IndonesiaTimur.


No comments:

Post a Comment