Monday, December 15, 2014

PENELITIAN TINDAKAN KELAS: PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIKNYA

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).
PTK merupakan terjemahan dari Classroom Action Research, yaitu satu Action Research yang dilakukan di kelas. Ide pokok dari PTK meliputi:

a.       Penelitian tindakan adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri. Guru merefleksikan pembelajaran yang dilakukan, mengapa belum berhasil mencapai target yang telah ditentukan.
b.      Penelitian tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti seperti guru, siswa atau kepala sekolah.
c.       Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi social, termasuk situasi pendidikan. Hal ini terutama situasi pembelajaran yang sebenarnya. Prosesnya bukan dikondisikan oleh guru sebagai peneliti.
d.      Tujuan penelitian tindakan adalah memperbaiki dasar pemikiran dan kepantasan dari praktek- praktek, pemahaman terhadap praktek tersebut serta situasi atau lembaga tempat praktek tersebut dilaksanakan.

Penelitian tindakan merupakan penelitian bidang social yang menggunakan refleksi diri sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam berbagai aspek.

Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehinggan hasil belajar siswa menjadi meningkat.

Karakteristik PTK
a.       Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktek yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan.
b.      Self- reflective inquiry atau penelitian melalui refleksi diri merupakan cirri PTK yang paling esensial. Untuk merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan, guru bisa mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
1). Apakah penjelasan says terlallu cepat ?
2). Apakah saya sudah memberi contoh yang memadai ?
3). Apakah saya sudah memberi kesempatan kepada para siswa untuk bertanya ?
4).Apakah saya sudah memberi latihan yang memadai ?
5). Apakah hasil siswa sudah saya komentari ?
6). Apakah bahasa yang saya gunakan dapat dipahami siswa ?
c.       PTK dilakukan di kelas sehingga focus peneltian ini adalah kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
d.      PTK bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran.

Inti dari PTK
a.       Penelitinya guru
b.      Rencana penelitian oleh guru dan bisa dibantu orang luar
c.       Munculnya masalah dirasakan oleh guru dan bisa didorong oleh orang luar
d.      Ciri utamanya adalah adanya tindakan untuk perbaikan yang berulang
e.       Peran guru adalah sebagai guru sekaligus sebagai peneliti
f.       Tempat penelitian di kelas
g.      Proses pengumpulan data oleh guru sendiri atau bantuan orang lain

h.      Hasil penelitian bisa langsung dimanfaatkan oleh guru dan dirasakan oleh kelas

No comments:

Post a Comment