Thursday, August 27, 2015

TUGAS AKHIR PROGRAM TAHUN 2015 UT YOGYAKARTA


UJIAN URAIAN
TUGAS AKHIR PROGRAM
( PDGK 4500 )
KODENASKAH : 63
TANGGAL UJIAN : SENIN, 22 JUNI 2015

KASUS 1

Ibu Rukmini, guru kelas 3 SD Negeri 5 di sebuah kota kecil, sedang mengajak anak- anak untuk menyaksikan sebuah rekaman video yang menampilkan kegiatan masyarakat di sebuah pasar. Anak- anak sangat asyik menyaksikan video itu, bahkan ada yang tertawa ketika muncul adegan seoarng anak membeli jambu dan ketika membayar, uangnya kurang. Dengan muka malu, anak ini minta maaf kepada penjual dan mengembalikan tiga butir jambu dari lima butir yang semula mau dibelinya. Harga satu biji jambu Rp. 2. 000, 00, sedangkan uang anak itu hanya Rp. 5.000, 00. Ternyata uangnya hanya cukup untuk membeli dua butir jambu. Pedagang jambu tersenyum dan memberi satu jambu sebagai hadiah. Setelah mengucapkan terimakasih, pembeli jambu itu langsung pergi mencari ibunya yang sedang berbelanja. Keranjang beanja ibunya sudah penuh dengan berbagai sayur, buah- buahan dan bumbu- bumbu. Ia membantu membawakan sebagia kecil dari belanjaan itu. Begitu ibu dan anak menghilang dari gambar, secara spontan anak- anak bertepuk tangan.
Setelah Bu Rukmini berhasil menenangkan suasana kelas, dengan muka ceria dan tersenyum, Bu Rukmini bertanya, sehingga terjadilah dialog berikut ini.
Bu Rumnini : " Anak- anak, coba ceritakan apa yang kamu saksikan dalam video tadi ? "
Anak- anak berebut ingin menjawab dengan mengangkat tangan.
Rika : " Orang berbelanja di pasar, Bu."
Rima : "Ada yang jual ikan, Bu. Ikannya gede- gede."
Bu Rukmini: " ikan apa yang Rima lihat ?"
Rima : "Ikan tongkol, ada juga lele, Bu."
Bu Rukmini : "Bagus, Rima."
Ridwan : "Sayuran dan buah, Bu."
Siti : " yang beli jambu kurang uangnya, Bu."
Bu Rukmini : " Bagus! Siapa tahu, uangnya kurang berapa ?"
Siti : " Kurang lima ribu lagi, Bu."
Bu Rukmini : " Mengapa kurang lima ribu ?"
Kelas menjadi sepi. Dengan tetap tersenyum, Bu Rukmini memandang ke seuruh kelas. Karena tetap sepi, Bu Rukmini kembali bertanya: " Berapa biji jambu yang mau dibeli anak itu ?"
Tini : " Lima biji, Bu."
Bu Rukmini : " bagus, berapa harga satu biaji jambu ?"
Tini langsung menjawab : " Dua ribu, Bu."
Bu Rukmini: " Siapa yang mau menuliskan di papan tulis?"
Beberapa anak mengangkat tangan. Setelah anka menuliskan angka 5 dan 2000, pelajaran dilanjutkan dengan menghitung harga jambu dengan jumlah yang berbeda. Kemudian, Bu Rukmini juga mengajak anak meniru tindakan anak yang membeli jambu, yang jujur dan sopan. Menjelang akhir pelajaran, Bu Rukmini mengajak anak- anak bericara tentang buah dan sayur yang dijual di pasar, mengapa kita harus makan buah dan sayur, dan akhirnya anak- anak dibebaskan memilih satu biji dari buah- buahan yang dipajang Bu Rukmini di depan kelas. Anak- anak dengan tertib mengambil satu biji buah, tidak ada yang mengambil lebih. Setiap anak mengucapkan terima kasih kepada guru setelah mengambil buah- buahan. Bu Rukmini kemudian bertanya: " Apakah emua sudah mengambil buah?"
Anak- anak menjawab serentak: "Sudah, Bu. Terimakasih."
Bu Rukmini memuji anak- anak atas kejujuran dan sopan santun yang ditunjukkan oleh anak- anak. Ia merasa puas melihat perilaku murid- muridnya.

    Pertanyaan
  • Identifikasi satu keunggulan dan satu kelemahan pembelajaran dalam kasus di atas. Beri alasan mengapa itu Anda anggap sebagai keunggulan dan kelemahan.
  • Kasus pembelajaran di atas merupakan pembelajaran tematik yang dilakukan di kelas 3 SD. Menurut pendapat Anda, tema apa yang mengikat topic- topic yang disajikan dalam pembelajaran tersebut? Beri alasan mengapa tema tersbut yang Anda pilih.
  • Identifikasi satu aspek yang menonjol dalam pembelajaran tematik di atas, yang selam ini kurang mendapat perhatian guru dalam pembelajaran. Tuliskan pula nilai tambah aspek tersebut dalam pembelajaran.
  • catatan: contoh jawaban saya posting di blog ini juga. Silakan lihat di http://zahrotulmujahidah.blogspot.co.id/2015/11/jawaban-tap-kasus-bu-rukmini.html. Terimakasihhhhhh....
  • No comments:

    Post a Comment