Thursday, October 15, 2015

Pernapasan manusia

Alat pernapasan manusia
Udara masuk ke paru- paru melalui saluran pernapasan/ alat pernapasan, yaitu:
  1. Hidung
    Dalam hidung terdapat rambut hidung dan selaput lendir yang berfungsi menyaring udara yang masuk agar bebas dari debu dan kuman.
  2. Tenggorokan
    Tenggorokan merupakan saluran yang panjangnya 9 cm. Pada tenggorkan terdapat bulu- bulu halus. Bulu- bulu halus tersebut berfungsi menyaring udara dari kotoran yang masih dapat lolos ke tenggorokan.
  3. Paru- paru
    Paru- paru terdiri dari 2 yaitu paru- paru kanan dan paru- paru kiri. Paru- paru kanan terdiri 3 gelambir. Paru- paru kiri terdiri dari 2 gelambir.
    Paru- paru terdapat cabang- cabang bronkus ( bronkiolus ). Bronkiolus juga msih memiliki cabang yang sangat banyak, halus dan tipis. Ujung cabangnya membentuk kantung ( alveolus ).
Proses pernapasan
Proses masuknya udara pernapasan ke dalam paru- paru disebut inspirasi. Sedangkan proses keluarnya CO2 atau karbon dioksida dari paru- paru disebut ekspirasi.
Pernapasan terdiri dari pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada adalah pernapasan dengan menggunakan bantuan otot antar tulang rusuk. Pernapasan perut adalah pernapasan dengan menggunakabn diafragma( selaput rongga dada ).
Proses pernapasan
  1. Ketika menarik napas, udara masuk melalui hidung dan tenggorokan
  2. Udara masuk ke paru- paru
  3. Oksigen ( O2) diserap oleh alveolus dan CO2 (karbondioksida) dilepaskan
  4. CO2 dikeluarkan melalui tenggorokan dan hidung.

No comments:

Post a Comment