Tuesday, November 20, 2018

Penilaian Harian 2 Tema 2 Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi


Soal Penilaian Harian 2
Tema 2 Selalu Berhemat Energi
PPKn
1.       Apakah yang dimaksud dengan hak?
2.       Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?
3.      
a.       Apakah anak pada gambar di atas sudah memeperoleh haknya?
b.      Apakah anak tersebut sudah melaksanakan kewajibannya?

IPA
1.       Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!

2.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.
Mengapa kita harus memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbarui dengan bijak?

Bahasa Indonesia
Bacalah teks di bawah ini dan jawablah pertanyaan sesuai teks!
1.      Air merupakan salah satu sumber energi. Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum, air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain. Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air. Sebutkan manfaat sumber energy air dalam kehidupan sehari- hari kita!
2.      Mengapa kita harus menghemat kertas?
3.      Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas!

IPS
1.      Bacalah teks di bawah ini dan jawablah pertanyaan sesuai teks tersebut!
Minyak jarak juga dimanfaatkan untuk minyak rambut dan minyak pijat. Kemasan minyak jarak dibuat lebih praktis sehingga memudahkan penggunanya. Minyak jarak dapat ditemui di pasar-pasar modern atau di warung. Pemanfaatan minyak jarak ini telah memberikan kesempatan yang baik dalam bidang pekerjaan. Saat penanaman pohon jarak sampai panen, dibutuhkan tenaga. Begitu pula saat tanaman diolah menjadi minyak tentunya membutuhkan para ahli untuk membuatnya. Belum lagi kemasan yang menarik. Pasti dibutuhkan tangan-tangan terampil untuk mengemasnya.
Tulislah pendapatmu tentang pemanfaatan tanaman jarak!

2.      Di sekitar kita, banyak sekali makanan yang diolah dari singkong, misalnya keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, dan lain-lain dan bahkan hasil olahan singkong tersebut menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan,
hingga pabrik.
Bagaimana singkong dapat memengaruhi kesejahteraan masyarakat?

SBdP
1.      Buatlah poster tentang hemat energy air!

No comments:

Post a Comment