Friday, January 26, 2024

Post Test Topik Pendidikan Inklusif (Kemitraan dengan UNICEF)

 Post Test Topik Pendidikan Inklusif [Kemitraan dengan UNICEF]


Modul 1 Pendidikan Inklusif Berbasis Hak


Dari uraian di bawah ini, mana yang paling tepat menggambarkan layanan pendidikan inklusi:


A Adalah sekolah yang memiliki sarana dan prasarana khusus

B Sistem belajar mengajar yang mengutamakan permintaan orangtua peserta didik

C Sebatas memberikan layanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki hambatan untuk bersekolah di sekolah umum

D Layanan pendidikan yang mengakui hak semua anak tanpa kecuali, untuk belajar dan berkembang sesuai kebutuhan dan potensi mereka untuk masa depan yang lebih cerah 


Modul 2 Kolaborasi untuk Inklusi

Di bawah ini adalah isi dari Profil Peserta Didik, KECUALI


A Informasi kondisi aktual hambatan/ kelainan

B Karakteristik peserta didik berdasarkan masukan dari orang tua/guru kelas

C.Informasi pendapatan orangtua peserta didik 

D Strategi layanan dan media yang diperlukan dalam pembelajaran


Berikut ini adalah peran-peran yang dapat dijalankan oleh Guru Pembimbing Khusus, KECUALI:


A Mengajar les bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus di luar sekolah 

B Memberi arahan/masukan terhadap proses identifikasi hambatan dan potensi belajar peserta didik

C Memberi arahan/masukan terhadap pengembangan Program Pembelajaran Individual

D Memberi arahan/masukan terhadap penyusunan materi ajar, asesmen, dan pengayaan


Modul 3 Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif


Profil Peserta Didik idealnya disusun untuk: (pilih jawaban yang benar)


A Mendapatkan informasi dan pemahaman mengenai peserta didik dalam rangka memberikan masukan penyusunan PPI 

B Mendapatkan informasi kondisi fisik sekolah

C Menyusun anggaran desa

D Advokasi musrenbangdes


Apa yang BUKAN merupakan bagian dari proses penyusunan Rencana Pembelajaran atau modul ajar yang universal?


A Berkonsultasi dengan Guru Pembimbing Khusus di sekolah

B Membahas program yang tepat untuk peserta didik yang memiliki hambatan belajar

C Guru melakukan identifikasi dan asesmen kepada peserta didik

D Guru bekerja sendiri menyusun rencana pembelajaran 


No comments:

Post a Comment