Wednesday, April 02, 2014

Peninggalan Bersejarah di Sekitar karangmojo

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki tempat-tempat bersejarah, baik itupeninggalan masa Pra Sejarah maupun masa Sejarah. Masa Pra Sejarah adalah masa di mana pada saat itu belum mengenal tulisan. Peninggalan bersejarah pada masa ini biasanya berupa alat-alat sederhana( alat-alat serpih) sampai peninggalan megalithikum ( berupa batu besar yang  masing- masing memiliki manfaat  sendiri- sendiri ).
Sedangkan masa Sejarah adalah masa di mana pada saat itu sudah mengenal tulisan. Peninggalannya berupa prasasti, foto- foto, naskah-naskah bersejarah, dll.
Di lingkungan kecamatan Karangmojo kabupaten Gunungkidul DIY, setidaknya ada peninggalan masa Pra Sejarah dan masa Sejarah.

1.Situs Gondang
Situs ini terletak di dusun Gondang, Ngawis Karangmojo. Peninggalan yang ada di situs ini termasuk peninggalan masa Megalithikum ( masa batu besar). Peninggalannya berupa peti kubur batu. Situs ini jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan.



2. Situs Sokoliman
Letak Situs Sokoliman ada di dusun Sokoliman, Bejiharjo, Karangmojo. Seperti halnya Situs Gondang, Situs Sokoliman termasuk peninggalan masa Megalithikum. Selain terdapat peti kubur batu, di situs ini terdapat batu- batu peninggalan masa Megalithikum dengan berbagai ukuran dan masing-masing batu sudah ditulisi indeksnya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta.


3.Tugu/ Monumen  Jenderal Sudirman
Peninggalan ini termasuk tetenger bahwa lingkungan Gunungkidul menjadi tempat bersejarah bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini tepatnya berada di dusun Gelaran Bejiharjo Karangmojo, dekat sekali dengan tempat wisata Gua Pindul.
Seperti diketahui bahwa mulai 19 Desember 1948 Jenderal Sudirman memimpin perang gerilya yang rutenya dari Yogyakarta, Panggang, Wonosari, Pracimantoro, Wonogiri, Purwantoro, Ponorogo, Sambit, Trenggalek, Bendorejo, Tulungagung, Kediri, Bajulan, Girimarto, Warungbung, Gunungtukul, Trenggalek (lagi), Panggul, Wonokarto dan Sobo (memimpin gerilya selama 3 bulan, 28 hari). Baru kemudian dari Sobo menuju Yogyakarta melewati Baturetno, Gajahmungkur, Pulo, Ponjong, Piyungan, Prambanan dan baru pada tanggal 10 Juli 1949 kembali lagi ke Yogyakarta.



Silakan bagi para wisatawan yang berkunjung di Gua Pindul menyempatkan diri untuk mengunjungi peninggalan bersejarah di sekitarnya.

sumber tulisan : joraazzashifa.wordpress.com ( blog saya juga :)...

No comments:

Post a Comment