Monday, December 15, 2014

FORMAT RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN DAN SISTEMATIKA PTK

Berikut ini format rencana perbaikan pembelajaran:

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN………………… KELAS……………..

Fakta data yang terjadi di kelas : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...........
Identifikasi masalah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Analisis masalah :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...............
Rumusan masalah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......
RPP :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………............

Garis- garis besar proposal PTK
Dalam pedoman Penyususnan Usulan PTK dari Dikti sistematika usulan PTK adalah sebagai berikut:
a.       Judul
Judul PTK harus singkat dan jelas namun menggambarkan masalah yang diteliti, tindakan perbaikan, hasil yang diharapkan dan tempat penelitian.
Contoh : Penggunaan Teknik Student Team’s Achievement Division ( STAD ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Kerajaan yang Bercorak Islam di Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Branjang Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015
b.      Bidang Kajian
Bidan kajian berkaitan dengan masalah pembelajaran yang menjadi focus PTK yang diusulkan, missal desain dan strategi pembelajaran, alat bantu, penilaian atau motivasi rendah.
c.       Pendahuluan
Pendahuluan mencakup deskripsi tentan masalah pembelajaran, proses identifikasi dan analisis masalah, penyebab/ akar terjadinya masalah serta alasan mengapa masalah penting untuk diatasi.
d.      Perumusan dan Pemecahan Masalah
Rumusan maslah sebaiknya dibuat dalam bentu kalimat tanya dan memang merupakan maslah penelitian.
e.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian harus sama dengan rumusan maslah dan tindakan perbaikan. Tujuan penelitian pada umumnya berkisar pada mendeskripsikan atau mengumpulkan informasi atau menguji hipotesis.
f.       Manfaat Penelitian
Menjelaskan manfaat penelitian bagi guru, siswa dan institusi.
g.      Kajian Pustaka
Dalam bagian ini dicantumkan kajian konsep, teori atau penelitian lain yang relevan dengan permasalahan dan tindakan yang dirancang sehingga jelas kerangka piker yang digunakan dalam penelitian ini.
h.      Rencana dan Prosedur Penelitian
Bagian ini memuat:
1). Subjek penelitian, tempat, waktu dan lama tindakan.
2). Prosedur/ langkah- langkah PTK yang terdiri atas (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, evaluasi- refleksi yang semuanya bersifat siklis.
i.        Jadwal Penelitian
Jadwal penelitian memuat semua kegiatan penelitian mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan penulisan laporan, lengkap dengan waktu pelaksanaan.
j.        Biaya Penelitian
Bagian ini mencantumkan secara rinci biaya yang diperlukan dalam penelitian. Rincian biaya harus logis dan sesuai dengan ketentuan dari sponsor.
k.      Personalia Penelitian
Memuat identitas tim peneliti serta perannya dalam penelitian.
l.        Daftar Pustaka
Memuat semua sumber yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian. Daftar Pustaka ditulis menurut aturan tertentu, misalnya dari American Psychology Association ( APA ).
m.    Lampiran

Lampiran dibuat sesuai dengan permintaan sponsor. Pada umumnya yang dilampirkan adalah: (1) instrument penelitian, (2) riwayat hidup tim peneliti dan (3) surat keterangan lain yang diperlukan.

Sumber bacaan : Tim- FKIP UT. (2014). Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)- PGSD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka dan Wardhani , IG AK, Wihardit , Kuswaya, Nasution dan Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

No comments:

Post a Comment