Tuesday, May 12, 2015

Membuat Wayang Mainan dari Kertas Bufalo

Dalam mata kuliah Pendidikan Seni di SD UT semester 3 ini saya mendapat tugas agar mengajak para siswa membuat sebuah karya yang menggunakan teknologi sederhana. Berikut tugas yang saya kumpulkan, yang barangkali bisa menjadi ide untuk para pendidik dalam mata pelajaran SBK. Sekalian kita nguri- uri kabudayan Jawa, biar anak didik kita lebih mengenal budaya Jawa. Cara ini saya dapatkan dari sebuah blog, tapi maaf saya lupa, saya mengubah sedikit bahan dan cara dengan menyesuaikan dengan kemampuan anak dan sekolah tentunya. J

Bahan dan alat
1.      Kertas bufalo putih
2.      Bolpoin/ pensil
3.      Spidol/ pensil warna
4.      Gunting/ cutter
5.      Bambu/ tusuk sate
6.      Benang/ rafia

Cara pembuatan wayang
1.      Gambarlah wayang yang diinginkan pada kertas bufalo. Jika kesulitan bisa cari gambar wayang kemudian difotocopy dan dijiplak
2.      Setelah selesai menggambar wayang, warnai gambar dengan spidol/ pensil warna
3.      Potong gambar wayang  sesuai dengan bentuk/ pola wayang  dengan menggunakan gunting/ cutter
4.      Pasang engsel tangan dengan cara lubangi masing- masing pundak dan ujung- ujung tangan dengan jarum. Kemudian gabungkanlah dengan benang yang dirangkap atau rafia yang menyerupai engsel sehinggal tangan wayang dapat digerakkan
5.      Pasanglah gapit dengan menggunakan benang, rafia, lem, selotip, dll

      Berikut beberapa foto para siswa yang menunjukkan karyanya secara berkelompok
     
     





SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment