Tuesday, June 23, 2015

Contoh Soal TAP Kasus Pembelajaran IPA : Bu Titi

Kasus Pembelajaran IPA


Pelajaran pertama pada hari selasa di kelas V SD adalah IPA. Seluruh siswa sudah masuk kelas dan tidak lama kemudian bu Titi masuk kelas. Setelah anak-anak memberi salam, bu Titi mulai membuka pelajaran.”anak-anak, siapkan buku catatan dan pulpen” tegas bu Titi. ”semua sudah siap? Tanya bu Titi. ”siap bu” jawab anak-anak serentak. “sekarang ibu akan memberi tugas pada kalian. Tugasnya adalah mengamati lingkungan yang ada di belakang kelas selama 5 menit. Kemudian kalian mencatat benda apa saja yang kalian lihat dan temukan, paling sedikit 5 dan paling banyak 10. “ada pertanyaan ?” Tanya bu Titi. “ada bu, yang dicatat benda hidup atau benda mati?’ tanya Eko. “dapat kedua-duanya” jawab bu Titi. ”sekarang silahkan kalian keluar. Semua anak bergegas ke belakang kelas sementara bu Titi tetap berada di kelas. 7 menit kemudian 1 per 1 anak-anak masuk kelas. Setelah semua duduk, bu Titi bertanya pada seorang anak.
Dina, coba bacakan benda apa saja yang sempat kamu temukan tadi”. Belalang, kapur, botol aqua, bunga, batu bata, gerobak, jelas Dina. “eko, coba kamu sebutkan hasil temuannya” tunjuk bu Titi. Eko menyebutnya 1 per 1, ada cacing, sampah, batu bata, pohon pisang, gundukan pasir, tukang batu, cangkul. “hasil temuan kalian cukup bagus” tegas bu Titi. Sekarang hasil temuan kalian dikelompokan dalam 2 kelompok yaitu makhluk hidup dan makhluk tak hidup. “siapa yang sudah selesai” Tanya bu Titi kemudian. Selanjutnya bu Titi meminta Dudit untuk membacakan hasil pekerjaannya. ‘yang termasuk makhluk hidup adalah cacing, pohon pisang, ayam, dan yang termasuk makhluk tak hidup adalah batu bata, sampah, botol aqua, kayu, sepeda “ jelas Dudit. “hasil kerjamu bagus sekali Dudit” tegas bu Titi. Kemudian bu Titi meminta dua orang lainnya untuk menyebutkan hasil pengelompokannya. “nah, anak-anak kalian sudah melihat keadaan alam di sekitar kehidupan kita, isinya ada yang termasuk makhluk hidup dan ada maskhluk tak hidup.”, jelas bu Titi. “sampai di sini ada yang merasa kesulitan membedakan makhluk hidiup dan makhluk tak hidup?” tanya bu Titi. Karena tidak ada satu pun siswa yang bertanya, bu Titi melanjutkan kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu membagi siswa ke dalam 5 kelompok
Tugas kelompok adalah mendiskusikan perbedaan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Paling sedikit setiap kelompok harus menemukan 4 ciri makhluk hidup. Waktu diskusi 15 menit, hasil diskusi ditulis dalam selembar kertas.
Selama diskusi bu Titi sibuk menulis di mejanya. Selesai diskusi, bu Titi meminta hasil diskusi dilaporkan. Caranya hasil diskusi kelompok ditukar dan dibacakan oleh kelompok lain. Selanjutnya bu Titi menelaah dan membahas 1 per 1 ciri-ciri makhluk hidup hasil laporan yang dibacakan wakil kelompok. Dengan demikian semua siswa mengetahui hasil diskusi yang benar. Dari seluruh hasil diskusi ditemukan 6 ciri makhluk hidup. Namun menurut bu Titi mengakhiri pelajaran dengan memberi tugas kepada siswa untuk menemukan ciri-ciri lain makhluk hidup. Sebagai bahan yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertanyaan:
1. Identifikasi 3 kegiatan yang ditugaskan guru kepada siswa. Beri penjelasan apa peran kegiatan tersebut dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
2. Tentukan satu kegiatan yang belum baik dilakukan oleh bu Titi selama proses pembelajaran. Beri alasan berdasarkan teori yang anda ketahui.
3. Jika Anda akan memperbaiki pembelajaran yang dilakukan Bu Titi menggunakan kerangka penelitian tindakan kelas, maka tentukan:
a. Identifikasi masalah
b. Analisis penyebab masalah
c. Rumusan masalah
d. Langkah-langkah perbaikan pembelajaran 

No comments:

Post a Comment