Sunday, August 23, 2015

ABSTRAK KARYA ILMIAHKU DI UT TAHUN 2014

Dalam kesempatan ini akan saya posting karya ilmiah saya yang sebelumnya telah saya unggah di UT Pusat pada tahun 2014. Adapun karya ilmiah lengkap akan saya posting beberapa waktu yang akan datang, untuk menjaga keaslian karya ilmiah saya. Semoga dari abstrak ini akan memberikan manfaat bagi para pembaca yang akan melakukan perbandingan pembelajaran IPS maupun akan melakukan PTK.

PENINGKATAN PEMAHAMAN NILAI PENINGGALAN SEJARAH
SITUS GONDANG MELALUI PENDEKATAN KARYA WISATA
SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH BRANJANG KARANGMOJO GUNUNGKIDUL
Oleh :
Zahrotul Mujahidah
822429432
ABSTRAK
Pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Branjang terhadap nilai peninggalan sejarah sangat memprihatinkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil capaian siswa ketika mengerjakan soal yang berkaitan dengan peninggalan sejarah Trowulan. Dari 18 siswa yang nilainya di atas KKM adalah 5 siswa. KKM yang ditentukan dalam Kurikulum 2013 adalah 66-70. Untuk mengatasi kurangnya pemahaman nilai peninggalan sejarah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul maka peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan karya wisata di Situs Gondang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang menggunakan observasi tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dibantu oleh Ibu Inti Sukawati, S.Pd.I selaku teman sejawat. Siklus I dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Agustus 2014 dengan pencapaian nilai di atas KKM adalah 33% dari seluruh siswa. Sedangkan penelitian Siklus II dilaksanakan pada hari Senin, 25 Agustus 2014.
Hasil perolehan nilai siswa yang di atas KKM pada siklus kedua meningkat menjadi 94% dari seluruh siswa. Melihat hasil perolehan nilai pada dua siklus tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Branjang meningkat melalui pendekatan karya wisata di Situs Gondang Karangmojo Gunungkidul.
Peneliti memberikan saran agar guru sebaiknya lebih banyak menerapkan pendekatan karya wisata peninggalan sejarah di sekitar untuk materi yang berkaitan dengan materi sejarah. Selain itu, peneliti juga memberikan saran kepada siswa lebih peka terhadap peninggalan sejarah yang ada di sekitar sekolah maupun lingkup daerah lain.
Kata kunci : pemahaman, peninggalan sejarah, karya wisata






No comments:

Post a Comment