Friday, November 03, 2017

Bingung dalam Mendapat Ide untuk Penulisan PTK?

Untuk menulis sebuah karya,  baik karya ilmiah maupun karya lain kita sering dihadapkan pada sulitnya mendapatkan ide.  Padahal sebenarnya kita bisa mendapat ide dari berbagai pengalaman di keseharian kita.  
Saya menulis dan memposting artikel ini pun karena ada ide dalam benak saya,  yaitu bingung mendapat ide tulisan...  😂😂😂
Nah... Daripada lama g posting tulisan, dari kebingungan ini saya buat tulisannya. 😁😁😁
Kembali ke pencarian ide penulisan karya PTK,  tentu guru sering mendapat kesulitan dalam pembelajaran sehari-hari. Guru merasa sudah menerapkan metode atau pendekatan tapi pembelajaran masih kurang berhasil.  Tentunya kesulitanr tiap mata pelajaran harus diperhatikan untuk penulisan PTK.  Guru boleh mencatat materi pelajaran yang dirasa sulit dalam penyampaian ke siswa sehingga pembelajaran tidak tuntas. Setiap mata pelajaran pasti ada materi yang sulit. 
Misal: capaian ketuntasan materi PKn kelas IV yang masih jauh dari KKM,  guru bisa mencarikan solusi dan bisa disusun PTKnya. Kalau dicermati dari materinya memang untuk mata pelajaran PKn kelas IV sangat sulit bagi siswa untuk mengerti dan memahami konsep pemerintahan dari tingkat desa sampai tingkat pusat. Yaaa... Siswa kelas IV seperti belajar Tata Negara. 
Berikutnya mata pelajaran IPS kelas III misalnya tentang kenampakan alam. Konsep pengertian tentang kenampakan alam yaitu segala hal yang ada di sekitar yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan merupakan ciptaan Tuhan.  Kadang kala guru tidak menyadari bahwa siswa belum paham konsep ini. Ada siswa yang menyebutkan kenampakan alam contohnya pohon, bintang,  dll.  Padahal ini keliru. Kalau tidak diluruskan sejak awal maka sampai tingkat atas pun siswa bisa salah dalam memberikan contoh kenampakan alam. Dari kondisi ini guru bisa mencarikan metode atau pendekatan yang pas untuk para siswa.
Yang tak kalah sulit materi IPS kelas V, guru sering kewalahan dalam menyampaikan materi sejarah Indonesia dari masa pengaruh Hindu-Budha sampai masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Banyak sekali materinya. Akibatnya siswa kesulitan dalam memahami konsep sejarah Indonesia. Tentunya ini akan memprihatinkan karena dari materi sejarah maka guru menyiapkan generasi yang tahu dan paham sejarah bangsa sehingga nantinya ketika menjadi pemimpin bisa bijak dalam mengelola negara dan kemasyarakatan. 
Tak kalah njlimet dan banyaknya materi IPA Sains kelas V. Guru dituntut bisa menyampaikan materi sebaik mungkin agar pembelajaran tuntas. Namun bila pembelajaran belum tuntas maka guru bisa mengagendakan perbaikan kemudian disusun PTKnya. 
Itu beberapa contoh ide dari beberapa materi pelajaran. 
Semoga tulisan yang berawal dari kebingungan saya untuk mencari ide tulisan ini bisa bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment