Thursday, January 11, 2018

Perjuangan Melawan Penjajahan Jepang

Pada saat Perang Dunia II (1939-1945) terdapat dua kekuatan yang berperang yaitu Sekutu(Amerika, Inggris, Belanda dan Perancis) melawan Jerman, Itali dan Jepang.
Tahun 1941 Pangkalan Militer Pearl Harbour diserang Jepang. Akibatnya Jepang mudah menguasai dan menduduki Filipina, Myanmar, Malaya, Singapura dan Indonesia.
Pada 8 Maret 1942 Sekutu menyerah tanpa syarat kepada Jepang sehingga mulai saat itu Jepang menduduki Indonesia.

Jepang menduduki Indonesia karena beberapa alasan. Pertama, Indonesia kaya akan bahan mentah, seperti minyak bumi dan batu bara. Kedua, wilayah Indonesia menghasilkan banyak produksi pertanian yang dibutuhkan Jepang dalam perang. Ketiga, Indonesia memiliki tenaga manusia dalam jumlah besar yang diperlukan untuk membantu perang Jepang.

Setelah menduduki Indonesia, Jepang menarik simpati rakyat Indonesia dengan melakukan beberapa hal. Jepang mengizinkan pengibaran bendera merah putih, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selain itu, Jepang melarang penggunaan bahasa Belanda untuk bahasa pergaulan. Bahasa pergaulan sehari-hari diganti dengan bahasa Indonesia.

Tak kalah dengan cara itu, Jepang membuat ropaganda Gerakan 3A yaitu Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Cahaya Asia.

Pada awal kedatangan Jepang ke Indonesia disambut dengan baik tetapi lama kelamaan sikap Jepang menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan rakyat Indonesia. Jepang merampas hasil pertanian rakyat sehingga rakyat Indonesia kelaparan, kekurangan gizi dan banyak rakyat yang meninggal. Untuk berpakaian pun, rakyat sangat memprihatinkan. Rakyat menggunakan pakaian dari karung goni, dan daun rumbia. 
Selain itu Jepang melakukan pengawasan yang ketat terhadap pemberitaan dan melakukan pemerasan tenaga manusia melalui Romusha.

Untuk membantu perang melawan Sekutu, Jepang membentuk banyak barisan seperti Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Suishintai, Jibakutai, Gakutotai dan Peta.

Penderitaan demi penderitaan yang dialami rakyat Indonesia ketika diduduki Jepang pada akhirnya memunculkan perlawanan di berbagai daerah. Perlawanan terjadi di Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Cilacap dan Jawa Timur. 

No comments:

Post a Comment