Wednesday, April 18, 2018

Model Struktur Bumi dari Plastisin

Materi pelajaran IPA kelas V SD/MI cukup banyak dan sulit. Guru perlu menggunakan berbagai metode atau pendekatan untuk pembelajaran yang efektif dan menarik sehingga para siswa lebih mudah dalam mengingat serta memahami konsepnya.

Beberapa Minggu yang lalu, saya mengajak para siswa untuk membuat model struktur bumi/lapisan bumi dengan media plastisin.

Bahan yang harus dipersiapkan tentunya plastisin minimal 4 warna, misal merah, oranye, kuning, hijau/biru. Kemudian proses awal siswa membuat bulatan kecil untuk bagian Inti Bumi Dalam. Selanjutnya, warna oranye dan pipihkan untuk membungkus bagian Inti Bumi Dalam. Warna oranye ini merupakan bagian Inti Bumi Luar. Langkah berikutnya Lapisan Mantel Bumi/ Selubung Bumi menggunakan warna kuning dengan cara yang sama, yaitu pipihkan plastisin lalu digunakan untuk membungkus lapisan Inti Bumi Dalam dan Inti Bumi Luar. Terakhir pada bagian Kerak Bumi, bisa menggunakan warna biru atau hijau atau dipadukan keduanya (biru untuk samudera, hijau untuk daratan).

Berikut proses dan hasil pekerjaan pembuatan model Struktur Bumi,











No comments:

Post a Comment