Friday, July 20, 2018

Mengidentifikasi Keberagaman di Indonesia ( Teks untuk Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017)



Aku berasal dari Jawa Tengah. Ayahku bernama Pak Nur. Kami mempunyai tetangga yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Pak Sammy dari Maluku. Pak Encep dari Sunda. Pak Made dari Bali. Pak Udin dari Betawi. Meskipun kami berasal dari daerah yang berbeda, kami tetap rukun.

Dalam berkomunikasi kami menggunakan Bahasa Indonesia agar tidak salah memahami pembicaraan. Akan tetapi bila di rumah masing-masing pastilah kami mempergunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Keluarga kami menggunakan Bahasa Jawa. Keluarga Pak Sammy menggunakan Bahasa Wemale, keluarga Pak Encep menggunakan Bahasa Sunda. Sedangkan keluarga Pak Made menggunakan Bahasa Bali dan keluarga Pak Udin menggunakan Bahasa Betawi dalam kehidupan sehari- hari di rumah.

Ketika makan di rumah, terkadang makanan yang kami konsumsi berupa makanan tradisional, terkadang juga makan makanan ala orang barat. Kalau makanan tradisional dari tempat asalku adalah lumpia Semarang, tahu Petis, Telur Asin, Tempe Mendoan, Enting- enting gepuk, nasi gandul, Nasi liwet dan Rondo Royal.

Aku pernah bertanya pada pak Sammy,Pak Encep, Pak Made dan Pak Udin tentang makanan tradisional mereka masing-masing.  Pak Sammy bercerita tentang makanan tradisional dari Maluku yaitu papeda, ikan kuah pala Banda dan nasi Lapola. Sedangkan Pak Encep menceritakan bahwa di daerahnya juga memiliki makanan tradisional yaitu Nasi Timbel, Nasi Tutug Oncom, Karedok, Lotek dan Soto Bandung.

Pak Made dari Bali pun bercerita tentang makanan tradisional mereka yaitu bebek betutu, babi Gulng, Nasi Jinggo, Lawar, Nasi Tepeng, dan Sate Plecing. Sementara itu Pak udin sering kangen dengan makanan tradisional dari tempat asalnya yaitu nasi uduk Betawi, gado- gado Betawi, soto Betawi dan Roti Buaya.

Alat music tradisional dari tempat asalku antara lain Saron, Gender, Gong dan Kempul, Kenong, Slenthem, Siter, Demung dan Gambang. Kalau dari Jakarta ada Gambang Kromong, Kemong, Gambus, Keroncong Tugu, Marawis,Tanjidor, Kecrek, Tehyan, Ningnong dan Sukong. Alat music dari Jawa Barat adalah rebab, arumba, suling, calung, kecapi, kendang, jentreng, angklung, jenglong, celempung, karinding dan tarawangsa.

Alat music dari Bali ada gerantang, rindik, pereret, genggong dan ceng- ceng. Dari Maluku ada arababu, idiokordo, totobuang, rumba, tahuri, Hawaiian, floit, bamboo hitada, cikir dan leko boko.

Untuk pakaian adat dan tarian daerah seperti berikut,
DKI Jakarta
Pakaian Adat : Pakaian Adat Abang dan None Betawi
Tarian Tradisional : Tari Ronggeng, Tari Yapong, Tari Topeng Betawi, Tari Cokek, Tari Lenggang Nyai, Tari Japin, Tari Doger Amprok, Tari Kembang Lambang Sari, Tari Legong Kraton, Tari Kembang Rampe

Jawa Barat
Pakaian Adat : Pakaian Adat Kebaya Jawa Barat
Tarian Tradisional : Tari Topeng Kuncaran, Tari Merak, Tari Jaipong, Tari Wayang, Tari Kandagan, Tari Ketuk Tilu, Tari Digenjring Bonyok, Tari Sipytri Sintren, Tari Topeng Cisalak, Tari Paku Jajar, Tari Ratu Graeni, Tari Topeng Tumenggung Priangan

Jawa Tengah
Pakaian Adat : Pakaian Adat Kebaya Jawa Tengah
Tarian Tradisional : Tari Bambangan Cakil, Tari Gandrung, Tari Sintren, Tari Bondan Payung, Tari Gambyong, Tari Serimpi

Bali
Pakaian Adat : Pakaian Adat Payas Agung
Tarian Tradisional : Tari Legong, Tari Kecak, Tari Pendet, Tari Manukrawa, Tari Panji Semirang, Tari Puspanjali, Tari Margapati, Tari Tenun, Tari Wirayuda, Tari Gopala, Tari Condong, Tari Cendrawasih, Tari Wiranata, Tari Legong Lasem (Kraton), Tari Ciwa Nataraja, Tari Trunajaya, Tari Belibis, Tari Baris Tunggal, Tari Barong, Tari Gabor, Tari Genjek, Tari Jauk, Tari Rejang

Maluku
Pakaian Adat : Pakaian adat Cele
Tarian Tradisional : Tari Lenso, Tari Cakalele, Tari Saureka-Reka, Tari Katreji, Tari Bambu Gila, Tari Peris, Tari Orlapei, Tari Loliyana, Tari Kabaresi, Tari Panah

Meskipun kami berasal dari suku- suku yang berbeda, kami hidup berdampingan dengan baik. Bhinneka Tunggal Ika, meskipun berbeda- beda tetapi tetap satu jua.


catatan

Tulisan diambil dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment