Sunday, January 20, 2019

Tugas Semasa Kuliah, Masihkah Tersimpan?


Tulisan ini juga terposting di Sini

Masa kuliah pastilah sangat berkesan. Mulai dari kisah sahabat yang naksir teman seangkatan, patah hati, teman yang jadian sampai kuliah pun mengenakan pakaian sewarna. Semua jadi indah bila diingat saat ini.

Sekumpulan memory bisa membuat kita tersenyum, bersyukur sekaligus menawarkan duka jika memiliki masalah dengan teman seangkatan. Tak jarang foto mengabadikan persahabatan semasa kuliah. Kalau zaman saya dulu untuk urusan dokumentasi foto harus punya kamera dan beli film di studio foto dulu.

Selain mengingat masa lalu dengan gambar atau foto, bisa juga dengan membaca koleksi tugas kuliah. Mulai dari awal kuliah di UNY sampai kuliah di UT pun saya berusaha mengabadikan perjuangan kuliah dengan mengkoleksi sejumlah tugas dari dosen. Benar- benar mengesankan. Semua memory ketika kuliah bisa bangkit dalam ingatan kita.  

Dalam mengkoleksi tugas tersebut saya lebih menyukai dalam bentuk hard copy atau print out yang saya kumpulkan per-mata kuliah. Kemudian kumpulan itu saya jilid. Untuk softcopy sudah banyak yang rusak. Maklumlah dulu belum punya komputer dan tahun 2000an penyimpanan softcopy lewat disket. Jadi rusaklah data saya. Sedikit sedih tapi karena masih punya hardcopy, rasa sedih saya sedikit terobati.

Dari berbagai tugas itu saya masukkan atau posting di blog pribadi. Sekadar mengabadikan tulisan saja,  siapa tahu bermanfaat. Yang belum saya posting lengkap adalah tugas skripsi atau Karya Ilmiah. Hanya pada abstrak saja.

Ternyata dari beberapa tugas yang saya posting itu digunakan sebagai sumber tulisan tugas kuliah mereka. Bagaimana perasaan saya? Alhamdulillah senang. Meski saya tak mendapatkan materi uang atau apapun. Yang penting bermanfaat untuk pembaca. Begitu juga tugas TAP UT sering saya posting. Uraian jawaban yang sifatnya opini pun saya posting dan saya berikan keterangan bahwa itu hanya contoh jawaban. Bisa saja bersifat relatif jawabannya.

Menyenangkan bisa berbagi ilmu kepada orang lain. Dari koleksi tugas hardcopy masih banyak yang belum saya ketik ulang maupun posting. Waktu untuk mengetik ulang memang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Paling tidak kalau ada teman yang membutuhkan referensi tugas,  koleksi tugas bisa dipinjam. Asalkan dikembalikan. Karena tugas-tugas itu merupakan sebagian saksi perjuangan hidup saya.

Bagaimana dengan para pembaca lain? Adakah yang hobi mengumpulkan hardcopy tugas kuliah atau malah tugas masa SMP dan SMA?

No comments:

Post a Comment