Saturday, August 23, 2014

Perspektif Global/ Globalisasi

Dalam globaisasi, antara satu negara dengan negara yang lain tidak ada batas. Hal ini dibuktikan dengan adanya fenomena kejadian/ peristiwa yang terjadi di suatu negara berpengaruh di negara lain. Dengan kata lain globalisasi mengakibatkan dunia sebagai satu kesatuan.
Globalisasi itu sendiri terjadi karena beberapa factor. Pertama, revolusi komunikasi di ana ada upaya menyebarkan suatu berita atau peristiwa dari negara lain. Kedua, revolusi budaya yang menyebabkan adanya interaksi budaya/ akuturasi. Ketiga, berkembangnya paham demokratisasi dan liberalisasi. Keempat, hancurnya negara- negara yang berpaham sentralistis seperti Rusia.
Perspektif global merupakan cara berfikir// pandangan/ wawasan bahwa suatu keadian dilihat dari sudut internasional sehingga hal itu merupakan kesadaran bagi kita untuk mampu menempatkan diri yaitu bertindak local dan berfikir global, dalam melakukan sesuatu di tingkat local harus memikirkan dampaknya bagi global.
Mutu/ kualitas suatu negara yang meliputi komunikasi secara internasional, substansi atau keahlian internasional serta keterampilan bersifat internasional, merupakan syarat bagi dunia internasional dalam hal globalisasi.
Ciri yang terkait dengan globalisasi, antara lain:
1.       Didukung oleh kecepatan informasi, kecanggihan, teknologi, kualitas transportasi dan komunikasi yang harus diperkuat dengan managemen yang tangguh.
2.       Selalu melampaui batas tradisional geo politik yaitu politik, ekonomi, social, budaya.
3.       Saling ketergantungan antar negara.
4.       Selalu ada pembaharuan dan inovasi/ penemuan baru.
Globalisasi sendiri memiliki berbagai dampak baik positif maupun negative. Adapun dampaknya sebagai berikut,
a.       Dampak positif
Munculnya persaingan yang bisa memajukan negara, terjadi mega kompetisi sehingga memunculkan inovasi- inovasi dalam berbagai bidang.
b.      Dampak negative
·         Pudarnya budaya dan identitas nasional/ bangsa
·         Terjadi kompetisi yang tidak sehat, yang dapat mematikan orang yang berkapasitas rendah sehingga muncullah pengangguran.

·         Lingkungan hidup kurang diperhatikan karena hanya mengejar produktivitas dan keuntungan.

No comments:

Post a Comment