Sunday, September 04, 2022

Cerita Pengalaman Saat Tujuh Belas Agustus

 


Berlomba Tujuh Belasan


Karya: Nashifa Husna Azzahra


Saat aku kelas satu, aku pernah ikut lomba. Lomba itu dilakukan di sekolahku, SD Muhammadiyah Branjang.


Lombanya sangat banyak. Ada lomba lari kelereng, memasukkan paku ke dalam botol kaca dan masih banyak lagi.


Aku mengikuti dua lomba yang kusebutkan tadi.


Pada lomba lari kelereng aku berjalan pelan tetapi kelereng terjatuh. Lalu kelereng yang jatuh, aku ambil dan ku letakkan di atas sendok. Aku melanjutkan lari kelereng sampai garis finish. Karena perlombaan itu sudah lama, aku lupa, menang atau tidak.


Lomba berikutnya, aku mengikuti lomba memasukkan paku ke dalam botol kaca. Bapak ibu guru menalikan tali rafia yang sudah dipasangi paku. Lalu perlombaan di mulai. Alhamdulillah aku menang dalam lomba ini. 



Kemeriahan Lomba Tujuh Belasan

Karya: Rava Chandra Ardiansyah


Bulan Agustus telah tiba. Untuk itu tiba pula saatnya untuk berlomba menyongsong peringatan kemerdekaan.


Persiapan itupun disambut dengan suka cita oleh warga. Banyak kegiatan di antaranya kerja bakti, lomba anak-anak, dewasa serta bapak-bapak dan ibu-ibu.


Lomba anak-anak diantaranya lomba lari kelereng, lomba pecah air dan lomba makan kerupuk.


Lomba dewasanya yaitu lomba mengambil koin dalam semangka dan lomba memasukkan paku dalam botol. Sedangkan lomba bapak-bapak yaitu lomba sepakbola dangdut menggunakan pakaian daster. Lalu lomba ibu-ibu adalah memindahkan lele. 


Selain itu ada juga lomba kelompok atau grup yaitu lomba bola voli putra dan putri.


Perlombaan waktu itu berlangsung sangat meriah. Di akhir pelaksanaan perlombaan ditutup dengan malam tirakatan. Tibalah saatnya untuk pembagian hadiah lomba disusul dengan acara-acara yang sangat meriah.


Waktu Aku Ikut Lomba


Karya: Qilana Chikal Mardani


Namaku Cikal. Aku duduk di kelas IV SD Muhammadiyah Branjang. Aku mempunyai kegiatan sehari-hari yang banyak selain belajar dan membantu orang tuaku juga bermain.


Di bulan Agustus ini biasanya diperingati hari kemerdekaan Indonesia,tepatnya pada tanggal 17 Agustus. Aku teringat tentang pengalamanku dulu waktu ikut lomba dalam rangka menyambut hari kemerdekaan.


Lomba itu meliputi lomba makan kerupuk, lari kelereng, memecah plastik berisi air, menangkap lele, memasukkan pena ke dalam botol dan masih banyak lagi.


Kegiatan lomba itu dilakukan di balai dusun setiap sore. Banyak sekali temanku yang ikut lomba itu. Senang sekali rasanya, bisa ikut lomba meramaikan hari kemerdekaan.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sekarang keadaannya lain karena sedang terjadi wabah virus Corona. Semua kegiatan ditiadakan dan untuk sekolah pun ditutup. Sementara kegiatan belajar dilakukan di rumah. Semua kegiatan dibatasi. Aku harus banyak di rumah dan harus selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.


Aku selalu berdoa dan berharap, semoga wabah virus ini segera teratasi dan berakhir. Agar aku bisa sekolah dan bertemu lagi dengan teman-teman dan bapak ibu guru.

 

Hari Kemerdekaan

Karya: Naufal Ammar Raya


Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk menyambut hari kemerdekaan di dusun kami merayakan dengan berbagai lomba.


Ada lomba anak-anak dan orang dewasa. Ada lomba mewarnai, pecah air, makan kerupuk, lari kelereng dan masih banyak lainnya.


Saat itu saya masih kelas satu SD. Ada banyak temanku yang juga mengikuti lomba. Ada Tata, Vava, Elsa, Dimas, Jeje, Amel.


Saya mengikuti lomba mewarnai, pecah air, lari kelereng, makan kerupuk. Kami semua sangat senang.


Saatnya pengumuman hasil perlombaan di malam tirakatan. Kami semua sangat senang. Kami menunggu dengan hati gembira.


Ternyata namaku dipanggil dua kali. Yang pertama juara satu lomba mewarnai. Yang kedua juara tiga pecah air.


Hari Kemerdekaan

Karya: Amabela Damara Alysia


Hari kemerdekaan Indonesia dirayakan setiap tanggal 17 Agustus. Setiap tanggal 17 Agustus saya dan teman-teman selalu mengikuti upacara bendera.


Senang rasanya bisa mengikuti dan merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Menunggu detik-detik Proklamasi dan kenaikan bendera kebanggaan bangsa Indonesia yaitu bendera merah-putih.


Tidak hanya upacara saja. Tetapi juga ada macam-macam perlombaan yang diadakan untuk merayakan hari kemerdekaan. Ada lomba lari kelereng, lari karung, bola voli, mewarnai, tangkap lele dan masih banyak lomba lainnya.


Saya dan teman-teman ikut berpartisipasi mengikuti berbagai macam perlombaan. Saya dan teman-teman sangat senang dalam mengikuti perlombaan, baik perlombaan yang dilakukan sendiri-sendiri maupun perlombaan yang dilakukan secara kerjasama.


Lomba Tujuh Belasan


Karya: Asfa Althafunnisa El Keylani


Aku pernah mengikuti lomba 17 Agustus. Lombanya diadakan di dusunku. Lomba itu antara lain lari kelereng, makan kerupuk dan mewarnai.


Aku mengikuti lomba lari kelereng dan makan kerupuk. Mendapatkan juara 3. Waktu itu hadiahnya buku. Aku sangat senang.


Lombanya sangat meriah. Banyak sekali yang mengikuti lomba. 


Lomba tersebut bukan hanya untuk anak-anak. Ada juga untuk orang dewasa. Semua orang ikut memeriahkan lomba.



No comments:

Post a Comment