Saturday, September 03, 2022

Perubahan Pandangan Saya terhadap Sesuatu

 Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?


Sudah pasti saya memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu. Contohnya: dulu saya begitu ingin menjadi guru sejarah di SMP/SMA karena saya lulusan Pendidikan Sejarah UNY. 


Saya sempat mengajar di SD dan SMP dalam kurun waktu yang cukup lama. Karena perubahan aturan, di mana beban mengajar guru yang semula 18 jam perminggu menjadi 24 jam perminggu, akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari SMP. Bagaimanapun saya hanya GTT di sana, sudah pasti kalah dengan mereka yang PNS.


Dengan lapang hati pada tahun 2011 saya mundur dari SMP dan fokus mengajar di SD. Alhamdulillah rupanya rezeki saya memang tidak dengan mengajar di SMP.


Di SD, saya bisa mengikuti PLPG tahun 2013 dan lulus. Saya bisa menikmati TPG. Kemudian sekitar 2017 saya mengikuti program inpassing. Alhamdulillah saya dinyatakan layak untuk menerima inpassing. 

P

Sampai tahun ke 16 di SD saya menerima inpassing di mana TPG saya setara dengan guru PNS golongan 3 masa kerja 12 tahun.


Kemudian tahun 2021 saya mengikuti seleksi ASN PPPK. Alhamdulillah saya diberi kemudahan. Dan kini saya sudah menjadi ASN PPPK.


Perubahan pandangan, yang semula perfect ingin jadi guru sejarah berubah menjadi guru SD memang tidak serta Merta terjadi. Semua ada prosesnya. 


Kedewasaan berpikir realistis menjadi alasan perubahan pandangan itu. Selain itu rasa syukur juga bisa membuat hati yang semula keukeuh ingin menjadi guru SMP/SMA kini bisa lebih menerima keadaan.


Alhamdulillah. Maka nikmat Tuhan mana yang saya sangsikan?


No comments:

Post a Comment