Saturday, September 26, 2015

Contoh Lembar Obsevasi Guru PKP UT-ku 2014


Lembar Observasi Guru

Nama guru
:
Zahrotul Mujahidah, S. Pd.
Mata pelajaran
:
Tematik 1 sub tema 3 pembelajaran 4
Kelas
:
IV
Nama sekolah
:
SD Muhammadiyah Branjang
Tanggal observasi/ siklus
:
Senin, 25 Agustus 2014/ Siklus 2
Fokus observasi
:
Situs Gondang



No
Tahap
Aktivitas Guru
Skor
1
2
3
4
1
Persiapan
Guru memiliki Silabus



V
Guru memiliki Program Tahunan



V
Guru memiliki Program Semester



V
Guru memiliki RPP



V
Guru menyiapkan media pembelajaran yang sesuai



V
Guru menyiapkan alat peraga



V
2
Pelaksanaan





a.      Kegiatan awal
Mengajak semua siswa berdoa



V
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa



V
Menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh siswa, mulai dari memahami pentingnya persatuan dan kesatuan, drama tentang makna persatuan dan kesatuan, kosakata baku dan membuat kalimat.


V

Guru menyampaikan Hasil yang diharapkan


V

Guru menyampaikan Penilaian yang dilakukan



V
b.               Kegiatan Inti
Kegiatan diawali dengan guru mengajak siswa menuju papan keterangan Situs Gondang Karangmojo.
Siswa melihat gambar dan membaca keterangan yang terpasang di sisi depan Situs Gondang Karangmojo



V
Siswa mengamati peninggalan sejarah di Situs Gondang dan mengajukan pertanyaan sesuai yang dilihatnya secara langsung.



V
Guru menjelaskan tentang peninggalan sejarah di Situs Gondang dan maknanya.
Siswa mencatat tentang berbagai informasi tentang peninggalan di Situs Gondang dan maknanya.



V

Guru menanyakan kepada siswa tentang bagaimana cara pelestarian peninggalan sejarah Situs Gondang. Siswa berdiskusi secara berkelompok.



V

a.               Kegiatan penutup
Guru bersama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar



V
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian materi



V
Melakukan penilaian hasil belajar



V
Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran



V
Mengamati sikap siswa dalam berdoa dan sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dsb



V
Apabila siswa kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah berdoa langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih baik/ disempurnakan



V

No comments:

Post a Comment