Lembar Observasi Guru
Nama guru
|
:
|
Zahrotul Mujahidah, S. Pd.
|
Mata
pelajaran
|
:
|
Tematik 1 sub tema 3 pembelajaran 4
|
Kelas
|
:
|
IV
|
Nama
sekolah
|
:
|
SD
Muhammadiyah Branjang
|
Tanggal
observasi/ siklus
|
:
|
Senin,
25 Agustus 2014/ Siklus 2
|
Fokus
observasi
|
:
|
Situs Gondang
|
No
|
Tahap
|
Aktivitas
Guru
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Persiapan
|
Guru
memiliki Silabus
|
|
|
|
V
|
Guru
memiliki Program Tahunan
|
|
|
|
V
|
||
Guru
memiliki Program Semester
|
|
|
|
V
|
||
Guru
memiliki RPP
|
|
|
|
V
|
||
Guru
menyiapkan media pembelajaran yang sesuai
|
|
|
|
V
|
||
Guru
menyiapkan alat peraga
|
|
|
|
V
|
||
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan
awal
|
Mengajak
semua siswa berdoa
|
|
|
|
V
|
|
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa
|
|
|
|
V
|
||
Menyampaikan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh siswa, mulai dari memahami
pentingnya persatuan dan kesatuan, drama tentang makna persatuan dan
kesatuan, kosakata baku dan membuat kalimat.
|
|
|
V
|
|
||
Guru
menyampaikan Hasil yang diharapkan
|
|
|
V
|
|
||
Guru
menyampaikan Penilaian yang dilakukan
|
|
|
|
V
|
||
b.
Kegiatan Inti
|
Kegiatan
diawali dengan guru mengajak siswa menuju papan keterangan Situs Gondang
Karangmojo.
Siswa melihat
gambar dan membaca keterangan yang terpasang di sisi depan Situs Gondang
Karangmojo
|
|
|
|
V
|
|
Siswa mengamati peninggalan sejarah di
Situs Gondang dan mengajukan pertanyaan sesuai yang dilihatnya secara langsung.
|
|
|
|
V
|
||
Guru menjelaskan tentang peninggalan
sejarah di Situs Gondang dan maknanya.
Siswa mencatat tentang berbagai
informasi tentang peninggalan di Situs Gondang dan maknanya.
|
|
|
|
V
|
||
|
Guru menanyakan kepada siswa tentang
bagaimana cara pelestarian peninggalan sejarah Situs Gondang. Siswa
berdiskusi secara berkelompok.
|
|
|
|
V
|
a.
Kegiatan penutup
|
Guru bersama siswa membuat kesimpulan/
rangkuman hasil belajar
|
|
|
|
V
|
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian materi
|
|
|
|
V
|
|
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
|
V
|
|
Mengajak semua siswa berdoa menurut
agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
V
|
|
Mengamati sikap siswa dalam berdoa dan
sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dsb
|
|
|
|
V
|
|
Apabila siswa kurang benar dan kurang
sempurna dalam berdoa, maka setelah berdoa langsung diberi nasehat agar besok
kalau berdoa lebih baik/ disempurnakan
|
|
|
|
V
|
No comments:
Post a Comment