Berikut ini adalah salah satu contoh lembar untuk menilai teman sejawat dalam kegiatan pembelajaran yang saya buat pada hari Rabu, 28 Mei 2014.
Lembar Observasi Guru
Nama guru
|
:
|
Inti Sukawati, S. Pd. I
|
Mata pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas
|
:
|
V
|
Nama sekolah
|
:
|
SD Muhammadiyah Branjang
|
Tanggal observasi/ jam ke
|
:
|
Rabu, 28 Mei 2014/ jam 1, 2
|
Fokus observasi
|
:
|
Perjuangan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan RI
|
No
|
Tahap
|
Aktivitas
Guru
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Persiapan
|
Guru memiliki Program Tahunan
|
|
|
|
V
|
Guru memiliki Program Semester
|
|
|
|
V
|
||
Guru memiliki Silabus
|
|
|
|
V
|
||
Guru memiliki RPP
|
|
|
|
V
|
||
Guru menyiapkan media pembelajaran yang sesuai
|
|
|
|
V
|
||
Guru menyiapkan alat peraga
|
|
|
|
V
|
||
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
a. Kegiatan
awal
|
Guru memberi salam
|
|
|
|
V
|
|
Guru mengontrol absensi siswa
|
|
|
|
V
|
||
Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
|
|
|
V
|
|
||
Guru bertanya tentang perumusan teks Proklamasi dan detik-
detik Proklamasi kepada siswa
|
|
|
V
|
|
||
b. Kegiatan
Inti
|
Guru menjelaskan bahwa setelah proklamasi RI di berbagai
daerah terjadi pertempuran dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
V
|
|
|
Untuk memperjelas materi pelajaran, siswa diberi tugas
untuk mencari informasi di perpustakaan. Sebelumnya guru membagi siswa dalam
3 kelompok
|
|
|
|
V
|
||
Masing- masing kelompok mencari informasi tentang upaya
mempertahankan kemerdekaan pada buku- buku atau majalah dan Koran. Informasi
tersebut dicatat dalam lembar tugas kelompok
|
|
|
|
V
|
||
c. Kegiatan
penutup
|
Guru mengingatkan pada tiap kelompok, bahwa pada pertemuan
berikutnya hasil tugas kelompok dipresentasikan di kelas.
|
|
|
|
V
|
|
Guru memberi tugas pada tiap kelompok untuk mempelajari
lagi hasil tugas kelompok di rumah untuk persiapan diskusi pada presentasi
|
|
|
|
V
|
||
Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam
|
|
|
|
V
|
|
Branjang, 28 Mei 2014
Teman sejawat,
Zahrotul Mujahidah, S. Pd.
|
No comments:
Post a Comment