Ketika mengikuti PLPG
tahun 2013, salah satu tuas para peserta adalah menyiapkan media pembelajaran
yang sesuai dengan RPP yang dibuat. Setelah itu, para peserta juga diwajibkan
mempresentasikan media tersebut, baru kemudian dibuat Desripsi Media
Pembelajaran sebagai salah satu
kelengkapan Hasil Produk PLPG 2013.
Berikut contoh Media Pembelajaran dan Deskripsi Media Pembelajaran yang saya buat, semoga bermanfaat.
DESKRIPSI MEDIA PEMBELAJARAN
TEMA/ SUB TEMA : Peduli Terhadap
Makhluk Hidup/ Hewan dan tumbuhan di sekitarku
MEDIA
PEMBELAJARAN : Gambar laba-
laba dan serangga
KOMPETENSI
DASAR
IPS
Memahami manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
IPA
Menjelaskan bentuk
luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Bahasa Indonesia
Menggali informasi
dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
INDIKATOR
IPS
Menghubungkan suatu
sebab akibat dengan tindakan yang dilakukan
IPA
Membedakan serangga
dan laba-laba
Bahasa Indonesia
Menggali informasi
dari teks laporan tentang hewan
DESKRIPSI MEDIA
Gambar
laba-laba dan serangga sangat dibutuhkan untuk memperjelas materi hewan dan tumbuhan di sekitarku. Di mana
dalam sub tema hewan dan tumbuhan di sekitarku terdapat indikator siswa dapat
membedakan laba- laba dan serangga. Karena di kalangan siswa kadang kesulitan
membedakan antara laba- laba dan serangga. Sehingga siswa akan lebih jelas
dalam membedakan laba- laba dengan serangga. Di samping itu dari media gambar
ini siswa dapat mengisikan/ menuliskan hasil pengamatan tentang perbedaan
antara laba- laba dan serangga dalam tabel. Setelah itu siswa bisa langsung
melaporkan hasil pengamatannya kepada guru. Karena siswa harus bisa menggali
informasi dari teks laporan tentang hewan terutama tentang perbedaan antara
laba- laba dan serangga.
Cara
menggunakan media gambar ini guru memasang gambar kemudian siswa diminta
mengamati gambar tentang perbedaan laba- laba dan serangga. Dari hasil
pengamatan tersebut, siswa menuliskan pada tabel yang telah tersedia.
Bagian tubuh
|
Laba- laba
|
Serangga
|
Jumlah kaki
|
|
|
Jumlah sayap
|
|
|
Jumlah mata
|
|
|
(tulis ciri-ciri yang lain)
|
|
|
(tulis ciri-ciri yang lain)
|
|
|
No comments:
Post a Comment