Berikut
ini format rencana perbaikan pembelajaran:
RENCANA
PERBAIKAN PEMBELAJARAN………………… KELAS……………..
Fakta data yang terjadi di kelas :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...........
Identifikasi masalah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Analisis masalah :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...............
Rumusan masalah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......
RPP :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………............
Garis- garis
besar proposal PTK
Dalam pedoman Penyususnan Usulan PTK dari Dikti
sistematika usulan PTK adalah sebagai berikut:
a. Judul
Judul PTK harus
singkat dan jelas namun menggambarkan masalah yang diteliti, tindakan
perbaikan, hasil yang diharapkan dan tempat penelitian.
Contoh :
Penggunaan Teknik Student Team’s
Achievement Division ( STAD ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi
Kerajaan yang Bercorak Islam di Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah
Branjang Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015
b. Bidang
Kajian
Bidan kajian
berkaitan dengan masalah pembelajaran yang menjadi focus PTK yang diusulkan,
missal desain dan strategi pembelajaran, alat bantu, penilaian atau motivasi
rendah.
c. Pendahuluan
Pendahuluan
mencakup deskripsi tentan masalah pembelajaran, proses identifikasi dan
analisis masalah, penyebab/ akar terjadinya masalah serta alasan mengapa
masalah penting untuk diatasi.
d. Perumusan
dan Pemecahan Masalah
Rumusan maslah
sebaiknya dibuat dalam bentu kalimat tanya dan memang merupakan maslah
penelitian.
e. Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian harus sama dengan rumusan maslah dan tindakan perbaikan. Tujuan
penelitian pada umumnya berkisar pada mendeskripsikan atau mengumpulkan
informasi atau menguji hipotesis.
f. Manfaat
Penelitian
Menjelaskan
manfaat penelitian bagi guru, siswa dan institusi.
g. Kajian
Pustaka
Dalam bagian ini
dicantumkan kajian konsep, teori atau penelitian lain yang relevan dengan
permasalahan dan tindakan yang dirancang sehingga jelas kerangka piker yang
digunakan dalam penelitian ini.
h. Rencana
dan Prosedur Penelitian
Bagian ini
memuat:
1). Subjek
penelitian, tempat, waktu dan lama tindakan.
2). Prosedur/
langkah- langkah PTK yang terdiri atas (a) perencanaan, (b) pelaksanaan
tindakan, (c) observasi, evaluasi- refleksi yang semuanya bersifat siklis.
i.
Jadwal Penelitian
Jadwal
penelitian memuat semua kegiatan penelitian mulai dari perencanaan, persiapan,
pelaksanaan sampai dengan penulisan laporan, lengkap dengan waktu pelaksanaan.
j.
Biaya Penelitian
Bagian ini
mencantumkan secara rinci biaya yang diperlukan dalam penelitian. Rincian biaya
harus logis dan sesuai dengan ketentuan dari sponsor.
k. Personalia
Penelitian
Memuat identitas
tim peneliti serta perannya dalam penelitian.
l.
Daftar Pustaka
Memuat semua
sumber yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian. Daftar Pustaka ditulis
menurut aturan tertentu, misalnya dari American Psychology Association ( APA ).
m. Lampiran
Lampiran dibuat
sesuai dengan permintaan sponsor. Pada umumnya yang dilampirkan adalah: (1)
instrument penelitian, (2) riwayat hidup tim peneliti dan (3) surat keterangan
lain yang diperlukan.
Sumber bacaan : Tim- FKIP UT. (2014). Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)- PGSD.
Tangerang Selatan: Universitas Terbuka dan Wardhani
, IG AK, Wihardit , Kuswaya, Nasution dan Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
No comments:
Post a Comment