Pengertian
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).
PTK merupakan terjemahan dari Classroom Action Research, yaitu satu Action Research yang dilakukan di kelas. Ide pokok dari PTK
meliputi:
a. Penelitian
tindakan adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui
refleksi diri. Guru merefleksikan pembelajaran yang dilakukan, mengapa belum
berhasil mencapai target yang telah ditentukan.
b. Penelitian
tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti
seperti guru, siswa atau kepala sekolah.
c. Penelitian
tindakan dilakukan dalam situasi social, termasuk situasi pendidikan. Hal ini
terutama situasi pembelajaran yang sebenarnya. Prosesnya bukan dikondisikan
oleh guru sebagai peneliti.
d. Tujuan
penelitian tindakan adalah memperbaiki dasar pemikiran dan kepantasan dari
praktek- praktek, pemahaman terhadap praktek tersebut serta situasi atau
lembaga tempat praktek tersebut dilaksanakan.
Penelitian
tindakan merupakan penelitian bidang social yang menggunakan refleksi diri
sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta
bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam berbagai aspek.
Penelitian
tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya
sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya
sebagai guru sehinggan hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Karakteristik
PTK
a. Adanya
masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktek
yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu
diselesaikan.
b. Self-
reflective inquiry atau penelitian melalui refleksi diri merupakan cirri PTK
yang paling esensial. Untuk merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan,
guru bisa mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
1). Apakah penjelasan says terlallu
cepat ?
2). Apakah saya sudah memberi contoh
yang memadai ?
3). Apakah saya sudah memberi kesempatan
kepada para siswa untuk bertanya ?
4).Apakah saya sudah memberi latihan
yang memadai ?
5). Apakah hasil siswa sudah saya komentari ?
5). Apakah hasil siswa sudah saya komentari ?
6). Apakah bahasa yang saya gunakan
dapat dipahami siswa ?
c. PTK
dilakukan di kelas sehingga focus peneltian ini adalah kegiatan pembelajaran
berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
d. PTK
bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran.
Inti
dari PTK
a. Penelitinya
guru
b. Rencana
penelitian oleh guru dan bisa dibantu orang luar
c. Munculnya
masalah dirasakan oleh guru dan bisa didorong oleh orang luar
d. Ciri
utamanya adalah adanya tindakan untuk perbaikan yang berulang
e. Peran
guru adalah sebagai guru sekaligus sebagai peneliti
f. Tempat
penelitian di kelas
g. Proses
pengumpulan data oleh guru sendiri atau bantuan orang lain
h. Hasil
penelitian bisa langsung dimanfaatkan oleh guru dan dirasakan oleh kelas
No comments:
Post a Comment