PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN
KELAS
PENGGUNAAN TEKNIK STUDENT TEAM’S ACHIEVEMENT DIVISION (STAD )
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI KERAJAAN- KERAJAAN YANG BERCORAK
HINDU- BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BRANJANG SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Oleh :
Zahrotul Mujahidah
No Urut 08
PLPG RAYON
111
UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA
2013
BAB I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pelajaran IPS Sejarah dirasakan sangat sulit
bagi siswa karena cakupan materi yang banyak
sehingga cenderung malas untuk balajar. Akibatnya siswa tidak bisa
memahami konsep sejarah dan hasil belajar pun tidak baik. Banyak siswa yang
nilai ulangan harian maupun ulangan akhir semester/ ulangan kenaikan kelas
jelek. Siswa menganggap materi IPS sejarah harus banyak menghafal mulai dari
tanggal, tokoh, tempat dan kejadian masa lalu.
Dari kurangnya pemahaman konsep sejarah mengakibatkan siswa menganggap materi
pelajaran IPS Sejarah tidaklah penting. Apalagi materi IPS umumnya dan Sejarah
pada khususnya tidak termasuk mata pelajaran yang di UNAS kan. Dari fakta ini
menyebabkan makin buruknya kesadaran cinta tanah air dan bangsa. Padahal kita
diingatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa sejarah/
jasa para pahlawannya.
Terlepas
dari kebijakan pemerintah yang tidak memasukkan materi IPS Sejarah sebagai mata
pelajaran UNAS, guru harus kreatif agar siswa senang dan dapat memahami konsep.
Untuk itu guru bisa menerapkan teknik Student
Teams Achievement Division ( STAD ). Dari teknik ini siswa dibagi menjadi
enam kelompok, dan diberi tugas untuk membuat makalah kerajaan yang bercorak
Hindu- Budha. Melalui kegiatan ini siswa mau tidak mau sudah mambaca materi
terlebih dahulu. Setelah makalah jadi, maka dipresentasikan di kelas. Siswa
dari kelompok lain bisa mengajukan pertanyaan ke kelompok yang mempresentasikan
makalah. Siswa yang mempresentasikan makalah bisa bekerjasama dalam menjawab
pertanyaan. Kemudian guru meluruskan jawaban- jawaban yang diungkapkan. Jadi,
siswa tidak hanya mengandalkan guru IPS untuk memahami materi pelajaran.
B.
Rumusan Masalah
Berdasar
latar belakang di atas dapat diambil rumusan masalahnya sebagai berikut :
Apakah teknik Student Team’s Achievement Division ( STAD ) dapat
meningkatkan pemahaman konsep materi Kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu-
Budha di Indonesia siswa kelas V SD Muhhammadiyah Branjang semester genap tahun
pelajaran 2013/ 2014 ?
C.
Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini adalah :
a. Siswa lebih mencintai dan menghargai
sejarah bangsa pada umumnya dan materi pelajaran IPS Sejarah pada khususnya.
b. Menguji manfaat Student Team’s Achievement
Division ( STAD ) dalam meningkatkan pemahaman konsep Kerajaan- kerajaan
yang bercorak Hindu- Budha di Indonesia siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang
semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014.
D.
Manfaat Hasil Penelitian
a. Bagi siswa
·
Siswa
lebih senag mempelajari IPS Sejarah
·
Siswa
lebih aktif dan kreatif dalam belajar
·
Siswa
bisa berinteraksi dengan teman dan guru
·
Prestasi
belajar meningkat
b. Bagi guru
·
Meningkatkan
keterampilan dalam mengelola kelas
·
Meningkatkan
keterampilan dalam inovasi pembelajaran
·
Meningkatkan
ilmupengetahuannya
c. Bagi Kepala Sekolah
·
Mengetahui
kreatifitas dan prestasi guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
·
Mengetahui
prestasi siswa dalam proses belajar mengajar IPS Sejarah
BAB II. KERANGKA TEORITIK DAN
HIPOTESIS TINDAKAN
a.
Kerangka Teoritik
Penelitian
ini dilakukan dengan memperhatikan teori- teori tentang pentingnya materi
sejarah bagi siswa serta dasar teknik STAD. Pada akhir sejarah terdapat tujuan
yang memberi makna kepada sejarah. (Sartono
Kartodirjoh 1986, hal 108 ).
Makna sejarah sendiri tergantung pada masanya. Sejarah yang mendapat
dukungan Romantisisme menciptakan sistem
dan masyarakat politik yang lebih dikenal sebagai “Negara Nasional” ( Sartono,
hal. 112 ). Dalam hal ini tugas sejarah pada umumnya dan pelajaran sejaran pada
khususnya mengarah pada kepentingan negara nasional Indonesia.
Mengingat
pentingnya sejarah, guru IPS memiliki tugas penting untuk selalu mengingatkan
siswa bahwa sejarah bukan hanya untuk syarat naik kelas atau kelulusan. Oleh
karena itu, pekerjaan rumah bagi guru IPS adalah menjadi sarana bagi siswa
untuk bisa memahami konsep sejarah mulai dari masa pra aksara sampai sejarah
Hindu- Budha, masa Islam, masa memperjuangkan kemerdekaan dan masa
mempertahankan kemerdekaan.
Agar siswa dapat memahami
konsep sejarah dengan baik guru dapat menerapkan berbagai macam metode/ teknik
pembelajaran. Mengingat berbagai kesulitan dari metode- metode yang ada,
peneliti berusaha menerapkan metode/ teknik yang sekiranya membuat siswa
belajar menemukan fakta sejarah dari buku- buku literatur yang relevan dengan
silabus IPS Sejarah. Peneliti mencoba menguji metode/ teknik Student Team’s Achievement Division ( STAD)
dalam pemahaman konsep sejarah bagi siswa kelas V. Penerapan
metode ini menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran, seperti pendekatan
kooperatif, kontekstual, dan konstruktif. (Herdian,S.Pd. M.Pd.)
Penerapan metode STAD terdiri atas siklus pembelajaran yang membawa siswa
pada suasana kerja sama yang diharapkan. Siklus kegiatan pembelajaran tersebut
adalah:
1.
Mengajar: menyajikan pembelajaran,
2. Belajar dalam
tim: siswa bekerja dalam tim dengan dipandu oleh lembar kegiatan untuk
menuntaskan materi pelajaran,
4.
Penghargaan tim: skor tim dihitung berdasarkan skor
peningkatan anggota tim, laporan berkala kelas. Papan pengumuman digunakan
untuk memberi penghargaan kepada tim yang berhasil mencetak skor tinggi.
(Herdian,S.Pd.
M.Pd.)
b.
Hipotesis Tindakan
Hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik Student Team’s Achievement Division ( STAD ) dapat meningkatkan pemahaman
konsep materi Kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu- Budha di Indonesia siswa
kelas V SD Muhammadiyah Branjang semester genap tahun pelajaran 2013/ 2014.
BAB III. RANCANGAN PENELITIAN
A.
Setting Penelitian
Tempat
|
:
|
SD
Muhammadiyah Branjang
|
Waktu penelitian
|
:
|
6 bulan ( Januari- Juni 2014 )
|
Subyek penelitian
|
:
|
Siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang
|
B.
Rancangan Tindakan
Adapun rancangan tindakan yang akan
dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Tahap Awal
Pada tahap ini peneliti melkukan
penjajagan yaitu dengan memfokuskan pada permasalahan yang ada, kemudian
menganalisisnya. Selanjutnya merumuskan masalah yang relevan dan dapat
dijadikan sebagai rumusan masalah yang akan diteliti dan dipecahkan melalui
STAD yang akan dilaksanakan.
2. Tahap Penyusunan Rencana Tindakan
Berdasarkan rumusan masalah yang ada,
peneliti menyusun dan mengembangkan rencana/ skenario tindakan yang akan
dilakukan, sehingga siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang dapat memahami
konsep materi kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu- budha di Indonesia.
3. Tahap pelaksanaan/ Implementasi
Tindakan
Adapun langkah yang akan dilakukan
dalam STAD sebagai berikut :
-
Guru
membagi kelas menjadi 6 kelompok
-
Kelompok
diberi tugas membuat makalah tentang kerajaan Tarumanegara, Mataram Hindu-
Budha, Singasari, kediri, Sriwijaya dan Majapahit.
-
Masing-
masing kelompok mempresentasikan makalahnya.
-
Siswa
dari kelompok lain mengajukan pertanyaan ke kelompok yang mempresentasikan
makalah.
-
Kelompok
yang mempresentsikan makalah saling bekerjasama dalam menjawab setiap
pertanyaan yang diajukan.
-
Guru
mengoreksi, meluruskan pertanyaan dan jawaban dari para siswa.
-
Guru
dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang dipresentasikan.
4. Tahap Observasi
Peneliti melakukan observasi terhadap
kegiatan belajar mengajar dari awal sampai akhir kegiatan. Peneliti mencatat
kejadian- kejadian selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan cermat.
5. Tahap Refleksi
Menganalisis data, mengevaluasi
apakah pelaksanaan STAD menghasilkan apa yang peneliti harapkan. Apakah ada
kekurangan, kelebihan, di mana letak
kekurangannya sebagai dasr untuk perlu tidaknya dilakukan kegiatan
ulangan atau untukmenyusun rencana kegiatan bverikutnya sehingga hasil akhir
PTK benar- benar memuaskan.
C.
Data dan Teknik Pengumpulannya
1. Bentuk dan Analisis Data
Data berbentuk kualitatif, sehingga
data dianalisis secara kualitatif. Meski demikian dari segi frekuensi, apa yang
dilakukan oleh guru dan siswa termasuk hasilnya dapat berupa kuantitatif (
angka- angka).
Tentunya pengujian terhadap hipotesis
bahwa penggunaan teknik Student Team’s
Achievement Division ( STAD ) dapat
meningkatkan pemahaman konsep materi Kerajaan- kerajaan yang bercorak Hindu-
Budha di Indonesia siswa kelas V SD Muhammadiyah Branjang semester genap tahun
pelajaran 2013/ 2014 tersebut dinyatakan dalam bentuk kualitatif. Artinya
terjadi peningkatan atau tidak terjadi peningkatan pemahaman konsep bagi siswa
kelas V SD Muhammadiyah Branjang dengan metode STAD.
2. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan beberapa cara yaitu observasi, interview, dokumen dan metode lain yang
disesuaikan dengan keadaan di lapanngan saat melakukan kegiatan.
Adapun instrumen pengumpul data yang digunakan peneliti antara
lain :
-
Lembaran
observasi
-
Pedoman
interview
-
Daftar
pertanyaan yang diajukan para siswa ketika dilakukan kegiatan
-
Dokumen
( foto )
-
Check
list, dll.
JADWAL PENELITIAN
NO
|
KEGIATAN
|
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Bulan 4
|
Bulan 5
|
Bulan 6
|
1
|
Identifikasi
masalah
|
M1
|
|||||
2
|
Pengadaan
ATK
|
M1
|
|||||
3
|
Penyusunan
proposal
|
M1-2
|
|||||
4
|
Design
instrumen
|
M3-4
|
|||||
5
|
Pelaksanaan
STAD dan pengumpulan data
|
M1-4
|
M1-4
|
M1-4
|
|||
6
|
Analisis
data
|
M4
|
M1-4
|
||||
7
|
Penyusunan
laporan
|
M4
|
M1
|
||||
8
|
Seminar
hasil penelitian
|
M2-3
|
|||||
9
|
Revisi
laporan ( bila perlu )
|
M3
|
|||||
10
|
Pengiriman
laporan
|
M4
|
DAFTAR PUSTAKA
Herdian. 2010. Ada apa
dengan Student Team’s Achievement Division (STAD).
IGAK Wardani, Kuswaya
Wihardit, Noehi Nasution. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Nur Azizah. 2010. Penerapan STAD ( Student Team’s Achievement Divisionn) pada Pembelajaran Persamaan Garis
Lurus untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM
Sartono Kartodirjo. 1986.
Ungkapan- ungkapan Filsafat Sejarah Barat dan Timur. Jakarta : PT Gramedia
BIODATA PENELITI
Nama
|
:
|
Zahrotul
Mujahidah, S. Pd.
|
NIP
|
:
|
-
|
Tempat
Tanggal Lahir
|
:
|
-
|
Pangkat/
golongan Ruang
|
:
|
-
|
Pendidikan
terakhir
|
:
|
S
1 Pendidikan Sejarah UNY 2004
|
Pekerjaan
|
:
|
Guru
Tetap Yayasan
|
No comments:
Post a Comment