PERENCANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
TEMATIK KELAS IV TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN
SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN
PEMBELAJARAN 4
Fakta Data Pembelajaran
yang Terjadi di Kelas : perolehan nilai
pemahaman nilai sejarah pada teks bacaan Trowulan masih banyak yang di bawah
KKM.
Identifikasi Masalah
: pemahaman nilai peninggalan sejarah sangat penting bagi para generasi penerus
bangsa. Pemahaman nilai peninggalan sejarah akan membentuk para penerus bangsa
menjadi manusia yang bijaksana dalam memimpin dan mengisi pembangunan bangsa.
Kurangnya pemahaman nilai peninggalan sejarah
disebabkan kurang maksimalnya guru dalam pemilihan metode pembelajaran.
Analisis masalah
: pemahaman nilai peninggalan sejarah masih kurang bagi para siswa. Oleh karenanya
peneliti mengajukan beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan misalnya pendekatan
keluarga, diskusi, jigsaw, kolaboratif dan karya wisata. Karya wisata yang
peneliti pilih untuk peningkatan pemahaman nilai peninggalan sejarah di situs
peninggalan sejarah terdekat.
Rumusan masalah
: Bagaimanakah peningkatan pemahaman nilai Peninggalan Sejarah Situs Gondang
melalui metode karya wisata siswa kelas IV SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo
Gunungkidul ?
RPP Perbaikan
: terlampir
No comments:
Post a Comment