Thursday, November 19, 2015

Jawaban TAP Kasus Bu Rukmini

Dalam kesempatan ini saya akan memposting jawaban dari soal TAP yang pernah saya posting beberapa bulan yang lalu di http://zahrotulmujahidah.blogspot.co.id/2015/08/tugas-akhir-program-tahun-2015-ut.html. Jawaban ini murni dari pendapat saya. Apabila ada yang tidak sependapat maka para pembaca dapat memberikan pendapat yang lebih tepat dan sesuai dengan kondisi pembelajaran yang sering pembaca alami di sekolah masing- masing. Apabila ada kekeliruan, saya tekankan jawaban dari saya jangan dijadikan patokan utama dalam menjawab soal TAP. Mohon maaf saya baru memposting jawaban ini karena alasan kesehatan dan pekerjaan di instansi. Atas perhatian dan pengertian para pembaca yang budiman, saya ucapkan terimakasih.

Dari kasus pembelajaran Bu Rukmini dapat ditarik kesimpulan tentang keunggulan pembelajarannya.
1.       Keunggulan pembelajaran Bu Rukmini adalah dalam pembelajaran Bu Rukmini mempergunakan mediavideo pembelajaran. Hal tersebut tentunya sangat menarik bagi siswa. Akibatnya para siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran. Para siswa lebih mudah dalam menyimak video film daripada mendapat penjelasan dari guru. Buktinya para siswa sangat antusias ketika Bu Rukmini menanyakan hal yang dilihat para siswa dari video tersebut.
Sedangkan kelemahan pembelajaran Bu Rukmini adalah Bu Rukmini kurang memperhatikan kegiatan awal pembelajaran. Bu Rukmini tidak mengajak para siswa untuk berdoa, mengabsen, apersepsi dan tanya jawab tentang materi sebelumnya. Tetapi Bu Rukmini langsung memutarkan video pembelajaran. Padahal langkah pembelajaran yang baik haruslah urut atau runtut dari kegiatan awal, inti dan penutupnya agar pembelajaran lebih terarah dan para siswa bisa fokus dalam KBM.

2.       Pembelajaran tersebut merupakan pembelajaran tematik di kelas 3 SD. Adapun tema yang mengikat topik- topik yang disajikan dalam pembelajaran tersebut adalah “Tempat Jual Beli”. Tema tersebut dipilih karena permasalahan berupa berbelanja yang kurang uangnya, bermacam atau beragam barang jualan serta nilai kejujuran ditampilkan di sebuah pasar, yang merupakan tempat jual beli . dari video tersebut siswa selain belajar tentang Matematika ( hitungan kekurangan uang ), jenis barang yang dijual, nilai kejujuran, siswa juga belajar Bahasa Indonesia yaitu menyimak fakta- fakta yang terjadi di pasar, apakah sesuai dengan pengalaman ketika siswa pergi ke pasar bersama ibunya masing- masing termasuk bagaimana penataan barang jualannya.


3.       Aspek yang menonjol dalam pembelajaran tematik tersebut, tetapi selama ini kurang diperhatikan guru dalam pembelajaran adalah penghargaan atau pujian dari Bu Rukmini terhadap kejujuran dan sopan santun serta mengucapkan terimakasih kepada guru ketika para siswa ketika para siswa mengambil buah- buahan yang disediakan Bu Rukmini. Dengan pujian tersebut maka siswa akan tahu dan paham bahwa perbuatan tersebut sangat dihargai orang lain sehingga dalam kesempatan yang lain, dalam kehidupan sehari- hari, para siswa akan selalu berbuat jujur dan sopan kepada orang lain.

No comments:

Post a Comment