Dalam kesempatan ini saya akan
memposting jawaban dari soal TAP yang pernah saya posting beberapa bulan yang
lalu di http://zahrotulmujahidah.blogspot.co.id/2015/08/tugas-akhir-program-tahun-2015-ut.html. Jawaban ini murni dari pendapat saya. Apabila ada yang tidak sependapat
maka para pembaca dapat memberikan pendapat yang lebih tepat dan sesuai dengan
kondisi pembelajaran yang sering pembaca alami di sekolah masing- masing. Apabila
ada kekeliruan, saya tekankan jawaban dari saya jangan dijadikan patokan utama
dalam menjawab soal TAP. Mohon maaf saya baru memposting jawaban ini karena alasan kesehatan dan pekerjaan di instansi. Atas perhatian dan pengertian para pembaca yang
budiman, saya ucapkan terimakasih.
Dari kasus pembelajaran Bu
Rukmini dapat ditarik kesimpulan tentang keunggulan pembelajarannya.
1. Keunggulan
pembelajaran Bu Rukmini adalah dalam pembelajaran Bu Rukmini mempergunakan
mediavideo pembelajaran. Hal tersebut tentunya sangat menarik bagi siswa.
Akibatnya para siswa akan lebih mudah memahami materi pelajaran. Para siswa
lebih mudah dalam menyimak video film daripada mendapat penjelasan dari guru.
Buktinya para siswa sangat antusias ketika Bu Rukmini menanyakan hal yang
dilihat para siswa dari video tersebut.
Sedangkan kelemahan
pembelajaran Bu Rukmini adalah Bu Rukmini kurang memperhatikan kegiatan awal
pembelajaran. Bu Rukmini tidak mengajak para siswa untuk berdoa, mengabsen,
apersepsi dan tanya jawab tentang materi sebelumnya. Tetapi Bu Rukmini langsung
memutarkan video pembelajaran. Padahal langkah pembelajaran yang baik haruslah
urut atau runtut dari kegiatan awal, inti dan penutupnya agar pembelajaran
lebih terarah dan para siswa bisa fokus dalam KBM.
2. Pembelajaran
tersebut merupakan pembelajaran tematik di kelas 3 SD. Adapun tema
yang mengikat topik- topik yang disajikan dalam pembelajaran tersebut adalah “Tempat
Jual Beli”. Tema tersebut dipilih karena permasalahan berupa berbelanja
yang kurang uangnya, bermacam atau beragam barang jualan serta nilai kejujuran
ditampilkan di sebuah pasar, yang merupakan tempat jual beli . dari video
tersebut siswa selain belajar tentang Matematika ( hitungan kekurangan uang ),
jenis barang yang dijual, nilai kejujuran, siswa juga belajar Bahasa Indonesia
yaitu menyimak fakta- fakta yang terjadi di pasar, apakah sesuai dengan
pengalaman ketika siswa pergi ke pasar bersama ibunya masing- masing termasuk
bagaimana penataan barang jualannya.
3. Aspek
yang menonjol dalam pembelajaran tematik tersebut, tetapi selama ini kurang
diperhatikan guru dalam pembelajaran adalah penghargaan atau pujian dari Bu
Rukmini terhadap kejujuran dan sopan santun serta mengucapkan terimakasih
kepada guru ketika para siswa ketika para siswa mengambil buah- buahan yang
disediakan Bu Rukmini. Dengan pujian tersebut maka siswa akan tahu dan paham
bahwa perbuatan tersebut sangat dihargai orang lain sehingga dalam kesempatan
yang lain, dalam kehidupan sehari- hari, para siswa akan selalu berbuat jujur
dan sopan kepada orang lain.
No comments:
Post a Comment