Dalam kesempatan ini
saya akan memposting jawaban dari soal TAP yang pernah saya posting beberapa
bulan yang lalu. Jawaban ini murni dari pendapat saya. Apabila ada yang tidak
sependapat maka para pembaca dapat memberikan pendapat yang lebih tepat dan sesuai
dengan kondisi pembelajaran yang sering pembaca alami di sekolah masing-
masing. Apabila ada kekeliruan, saya tekankan jawaban dari saya jangan
dijadikan patokan utama dalam menjawab soal TAP. Atas perhatian dan pengertian
para pembaca yang budiman, saya ucapkan terimakasih.
Pertanyaan:
1. Identifikasi 3 kegiatan yang ditugaskan guru kepada siswa. Beri penjelasan apa peran kegiatan tersebut dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
2. Tentukan satu kegiatan yang belum baik dilakukan oleh bu Titi selama proses pembelajaran. Beri alasan berdasarkan teori yang anda ketahui.
3. Jika Anda akan memperbaiki pembelajaran yang dilakukan Bu Titi menggunakan kerangka penelitian tindakan kelas, maka tentukan:
a. Identifikasi masalah
b. Analisis penyebab masalah
c. Rumusan masalah
d. Langkah-langkah perbaikan pembelajaran
1. Identifikasi 3 kegiatan yang ditugaskan guru kepada siswa. Beri penjelasan apa peran kegiatan tersebut dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
2. Tentukan satu kegiatan yang belum baik dilakukan oleh bu Titi selama proses pembelajaran. Beri alasan berdasarkan teori yang anda ketahui.
3. Jika Anda akan memperbaiki pembelajaran yang dilakukan Bu Titi menggunakan kerangka penelitian tindakan kelas, maka tentukan:
a. Identifikasi masalah
b. Analisis penyebab masalah
c. Rumusan masalah
d. Langkah-langkah perbaikan pembelajaran
Jawaban
1. Kegiatan
yang ditugaskan guru kepada para siswa antara lain:
a. Bu
Titi memberi tugas kepada para siswa untuk keluar kelas dan mengamati
lingkungan di belakang kelas selama 5 menit.
b. Setelah
mengamati lingkungan di belakang kelas, para siswa diberi tugas untuk mencatat
5- 10 benda yang ada di sekitar belakang kelas.
c.
Para siswa diberi tugas untuk
mempresentasikan atau membacakan hasil pengamatan yang telah ditulis di depan
kelas.
2. Satu
kegiatan yang belum dilakukan oleh Bu Titi selama proses pembelajaran adalah Bu
Titi belum mengajak para siswa berdoa, mengamati kesiapan siswa dalam belajar, apersepsi
serta tidak memberikan bimbingan belajar ketika para siswa melakukan pengamatan
dan menuliskan laporan hasil pengamatan. Bu Titi hanya berada di kelas saja. Akibatnya
pengamatan yang seharusnya dilakukan selama 5 menit, akhirnya selesai dalam waktu
7 menit. Hal ini merupakan pemborosan waktu dalam pembelajaran. Selain itu Bu
Titi tidak menanyakan pendapat siswa lain ketika salah seorang siswa
mengemukakan pendapatnya. Tetapi Bu Titi langsung menyatakan bahwa jawaban
siswa tersebut benar atau bagus.
3. Kerangka
PTK dari kasus pembelajaran Bu Titi
a. Identifikasi masalah
Pembelajaran IPA kelas 5 untuk
materi klasifikasi makhluk hidup dan benda mati merupakan materi yang tidak
terlalu sulit. Apalagi para siswa sudah tidak asing dengan hewan, dan tumbuhan
serta benda- benda lain yanga ada di lingkungan. Namun begitu, terkadang guru
tidak menyadari betapa mudahnya materi pelajaran, apabila guru kurang
memberikan dorongan atau motivasi untuk belajar maka para siswa juga akan sulit
menerima materi pelajaran dengan baik. Selain melakukan pengamatan para siswa
dapat menemukan sendiri mana yang termasuk benda mati ataupun makhluk hidup
dengan bimbingan guru selama pengamatan. Guru tidak boleh lepas dalam
pembelajaran meski dengan metode pembelajaran pengamatan ataupun metode
discovery learning. Hal ini bertujuan agar guru bisa mengawasi tingkah laku
para siswa selama pengamatan. Siswa benar- benar menemukan sendiri jawaban
ataukah hanya meniru jawaban dari siswa lain. Pengamatan yang dilakukan para
siswa kelas 5 ternyata melebihi waktu yang telah ditentukan guru. Guru menetapkan
waktu pengamatan adalah 5 menit, tetapi ternyata para siswa menyelesaikan
pengamatan dan laporannya dalam waktu 7 menit. Hal ini merupakan pemborosan
waktu atau korupsi waktu.
b. Analisis penyebab masalah
Pembelajaran dalam kegiatan inti
sebenarnya membutuhkan waktu 5 menit dalam rancangan pembelajaran yang telah
ditetapkan. Hal ini karena kurangnya bimbingan guru ketika para siswa melakukan
pengamatan di luar kelas. Guru hanya berada di kelas. Begitu juga ketika guru
membagi tugas kelompok dan mendiskusikan tentang ciri- ciri makhluk hidup dan
makhluk tidak hidup, guru hanya sibuk menulis di mejanya. Padahal ketika para
siswa berdiskusi dan kemungkinan menemukan masalah, guru bisa langsung
meluruskan dan memberikan bimbingan secara berkelompok.
c. Rumusan masalah
Bagaimanakah upaya peningkatan
pemahaman siswa dalam materi klasifikasi makhluk hidup dan makhluk tak hidup
dengan metode pengamatan siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Branjang semester 1
tahun pelajaran 2014/ 2015?
d. Langkah-langkah perbaikan pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengajak
semua siswa berdoa
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Menyampaikan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh siswa, mulai dari keluar kelas
dan melakukan pengamatan, menulis laporan, membacakan laporan pengamatan,
diskusi tentang ciri- ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
4. Hasil
yang diharapkan :
Sikap:
tanggungjawab, berani, teliti
Keterampilan
: melakukan pengamatan
Pengetahuan : menulis laporan, membacakan laporan
pengamatan, diskusi tentang ciri- ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
5.Penilaian yang dilakukan,
meliputi : penilaian kinerja, penilaian produk dan tes lisan
Kegiatan
Inti
1. Pada
awal pembelajaran, guru memberikan beberapa pertanyaan awal yang dikaitkan
dengan hal yang dipelajari hari sebelumnya.
2. Setelah
itu guru memberikan tugas kepada para siswa untuk keluar kelas, mangamati
lingkungan di belakang kelas, menulis laporan dan membacakan di depan kelas.
3. Kemudian
para siswa dibagi dalam kelompok- kelompok untuk berdiskusi tentang ciri- ciri
tentang makhluk hidup dan makhluk tidak hidup.
4. Hasil
diskusi dikumpulkan untuk dibahas dalam pertemuan berikutnya.
Kegiatan
Penutup
1. Guru
bersama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi
3. Melakukan
penilaian hasil belajar
4. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
No comments:
Post a Comment