Dokpri
Tak terasa semester gasal pada pembelajaran tahun ini kelas saya sudah memasuki materi Tema 4 Subtema 3. Yang namanya belajar pasti banyak hal yang diperoleh siswa. Pada Tema 1 siswa mengenal keberagaman di Indonesia. Meski mengajar di sekolah yang berada di bawah naungan Muhammadiyah, mengenalkan keberagaman, termasuk keberagaman agama tetap saya lakukan.
Tema 2 siswa belajar untuk menghemat energi karena ada banyak energi yang tidak dapat diperbarui. Tema 3 siswa belajar untuk peduli terhadap keberadaan makhluk hidup, terutama satwa langka. Mereka membuat poster tentang ajakan peduli hewan langka tersebut.
Memasuki tema 4, siswa mengenal tentang beragam jenis pekerjaan baik yang menghasilkan barang dan jasa. Kesemuanya harus dihormati karena sebenarnya semua masih dalam bingkai persatuan Indonesia. Selain itu siswa dikenalkan untuk kreatif memanfaatkan sumber daya alam untuk membuat hiasan. Pastinya ini sangat menarik sekaligus mengajak para siswa untuk lebih peduli lingkungan.
Karya apa saja yang mereka buat?
- Mozaik dari biji- bijian
- Montase tentang lingkungan yang berasal dari potongan gambar ---dari koran atau majalah bekas---
Mendidik anak untuk mencintai lingkungan memang berangkat dari hal- hal kecil, mulai dari memghemat penggunaan kertas atau buku, mengenal cara menangkap ikan yang aman dan sebagainya.
Ketika mempelajari tentang bom atau pukat harimau, siswa ada yang gumun atau takjub. "Mosok nangkap iwak nganggo bom…", maklumlah si anak memang masih lemah dalam membaca.
Semoga kelak, mereka lebih mencintai lingkungan demi kelestarian alam agar anak cucu bisa menikmati keindahan alam. Apalagi kecintaan terhadap lingkungan lebih didukung dengan perasaan cinta tanah air --- dipelajari pada tema 5---. Pasti akan lebih berkarakter kuat ketika menjadi penerus dan pemimpin negeri.
No comments:
Post a Comment