RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD Muhammadiyah….
Kelas/ semester : IV
Tema/ sub Tema :
Peduli terhadap makhluk hidup/ Hewan dan tumbuhan di sekitarku
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 30 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur ,
disiplin dan tanggungjawab, santun dan peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan menanya berdasar
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
IPS
Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
IPA
Menjelaskan
bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Bahasa Indonesia
Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
C.
Indikator
IPS
Menghubungkan
suatu sebab akibat dengan tindakan yang dilakukan
IPA
Membedakan
serangga dan laba-laba
Bahasa Indonesia
Menggali
informasi dari teks laporan tentang hewan
D.
Tujuan
1.
Dengan berdiskusi dan menjawab
pertanyaan siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan tentang
hewan dengan baik
2.
Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu membedakan serangga dan laba-laba dengan benar
3.
Setelah mengamati gambar dan
diskusi, siswa mampu menghubungkan suatu akibat dengan tindakan yang dilakukan
manusia dengan benar
E.
Materi
IPS
Tindakan
manusia dan pengaruhnya.
Segala
hal yang dilakukan oleh manusia memiliki dampak positif maupun negatif. Apabila
manusia melakukan tindakan yang sesuai norma/ aturan maka akan berdampak baik.
Misalnya orang yang sering menolong orang lain maka akan mendapat teman yang
banyak. Sebaliknya, bila manusia bertindak yang tidak sesuai norma maka akan
berdampak jelek. Misalnya seorang anak yang dicubit, maka akan menangis atau
bahkan juga marah.
IPA
Perbedaan
serangga dan laba-laba
Bagian
tubuh
|
Laba-laba
|
Serangga
|
Jumlah
kaki
|
8
|
6
|
Jumlah
sayap
|
0
|
2
|
Jumlah
mata
|
2
|
2
|
Bahasa Indonesia
Hewan
memiliki bagian-bagian tubuh yang berbeda. Ada yang memiliki kaki 4, 2, ada
yang bersayap, sirip, dll. Masing-masing bagia tersebut memiliki fungsi
sendiri-sendiri. Misalnya pada serangga dan laba-laba, jumlah kaki dan sayapnya
berbeda.
F.
Pendekatan dan Metode
Pendekatan : scientific ( observating, questionary )
Strategi : cooperative
learning
Metode
: penemuan/discovery
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3.
Menginformasikan bahwa pelajaran
akan membahas tentang tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup
4.
Menyampaikan tujuan dan manfaat
materi pelajaran untuk diri sendiri, orang lain dan lingkungan
5.
Kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan oleh siswa, mulai dari perilaku yang dilakukan terhadap hewan,
menggambar dan menulis teks deskriptif, menuliskan perbedaan antara laba-laba
dan serangga dalam bentuk tabel
6.
Hasil yang diharapkan :
Sikap: menghargai, menghormati
dan menjaga lingkungan dan makhluk hidup
Keterampilan : mencoba,
mengolah, menyaji
Pengetahuan : persamaan dan perbedaan laba-laba dan
serangga, akibat tindakan manusia.
7.
Penilaian yang dilakukan,
meliputi : penilaian kinerja, penilaian produk dan tes lisan
|
5
menit
|
Inti
|
1.
Kegiatan diawali dengan guru
bertanya apakah tindakan yang dilakukan oleh siswa sebelum berangkat sekolah
dan pengaruhnya
2.
Siswa diminta menyebutkan reaksi
jika diolok-olok atau dicubit teman dari pengalaman sehari-hari
3.
Guru menanyakan kepada siswa
apakah hewan memiliki persamaan dengan manusia.
4.
Guru menyampaikan bahwa seperti
halnya manusia, hewan juga membutuhkan kasih sayang. Mereka ingin hidup
tenang di alam bebas. Namun hak mereka menjadi terganggu ketika manusia merusak
tempat tinggal mereka dan bahkan mengurung mereka dalam sangkar atau kandang
5.
Siswa diminta menyebutkan berbagai
reaksi hewan misalnya kucing jika tiba-tiba diinjak oleh manusia
6.
Siswa diminta melengkapi gambar laba-laba
dan serangga dan menulis teks deskriptif berdasarkan hasil pengamatan yang
dilakukan dan menuliskan di kolom tentang perbedaan laba- laba dan serangga yang
telah disediakan di buku siswa
7.
Siswa melaporkan hasil
pengamatan tentang perbedaan laba- laba dan serangga serta mendiskusikannya dalam
kelas.
|
20menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa membuat
kesimpulan/ rangkuman hasil belajar
2.
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian materi
3.
Melakukan penilaian hasil
belajar
4.
Mengajak semua siswa berdoa menurut
agam dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
5.
Mengamati sikap siswa dalam
berdoa dan sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dsb
6.
Apabila siswa kurang benar dan
kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah berdoa langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih baik/ disempurnakan
|
10menit
|
A.
Sumber dan Media
1.
Laba-laba dan serangga (mainan)
2.
Gambar laba-laba dan serangga
3.
Diri siswa
B.
Penilaian
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian proses
b.
Penilaian hasil belajar
2.
Instrumen penilaian
a.
Penilaian proses
1)
Penilaian kinerja
2)
Penilaian produk
b.
Penilaian hasil belajar
Tes lisan dan tertulis
PENILAIAN
1. Teks deskriptif tentang hewan dinilai dengan daftar periksa ( Bahasa
indonesia)
No
|
Kriteria
|
ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya
mampu menyebutkan sedikitnya 4 bagian tubuh hewan dan jumlahnya dengan benars
|
|
|
2.
|
Saya
mampu menyebutkan sedikitnya 4 bagian tubuh hewan dan fungsinya dengan benar
|
|
|
2. Diagram venn tentang perbedaan laba-laba dan serangga (IPA)
No
|
Kriteria
|
ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa
mampu menyebutkan sedikitnya 3 perbedaan laba-laba dan serangga
|
|
|
3. Keterampilan menjawab pertanyaan tentang tindakan manusia terhadap
hewan dinilai dengan daftar periksa (IPS)
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa
dapat menuliskan pendapatnya tentang gambar dengan benar
|
|
|
2.
|
Siswa
dapat menuliskan pendapatnya tentang cara memperlakukan hewan pada gambar
dengan benar
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
………………………..
NIP ………………..
|
Guru Kelas
Zahrotul Mujahidah, S. Pd.
NIP ………………………
|
No comments:
Post a Comment