Saturday, June 07, 2014

Contoh Format RPP Kelas IV Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan          : SD Muhammadiyah….
Kelas/ semester                               : IV
Tema/ sub Tema                : Peduli terhadap makhluk hidup/ Hewan dan tumbuhan di sekitarku
Pertemuan ke                   : 1
Alokasi Waktu                   : 30 menit

A.      Kompetensi Inti
1.       Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.       Menunjukkan perilaku jujur , disiplin dan tanggungjawab, santun dan peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan menanya berdasar rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.      Kompetensi Dasar
IPS
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
IPA
Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.      Indikator
IPS
Menghubungkan suatu sebab akibat dengan tindakan yang dilakukan
IPA
Membedakan serangga dan laba-laba
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan tentang hewan

D.      Tujuan
1.       Dengan berdiskusi dan menjawab pertanyaan siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan tentang hewan dengan baik
2.       Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu membedakan serangga dan laba-laba dengan benar
3.       Setelah mengamati gambar dan diskusi, siswa mampu menghubungkan suatu akibat dengan tindakan yang dilakukan manusia dengan benar

E.       Materi
IPS
Tindakan manusia dan pengaruhnya.
Segala hal yang dilakukan oleh manusia memiliki dampak positif maupun negatif. Apabila manusia melakukan tindakan yang sesuai norma/ aturan maka akan berdampak baik. Misalnya orang yang sering menolong orang lain maka akan mendapat teman yang banyak. Sebaliknya, bila manusia bertindak yang tidak sesuai norma maka akan berdampak jelek. Misalnya seorang anak yang dicubit, maka akan menangis atau bahkan juga marah.

IPA
Perbedaan serangga dan laba-laba
Bagian tubuh
Laba-laba
Serangga
Jumlah kaki
8
6
Jumlah sayap
0
2
Jumlah mata
2
2

Bahasa Indonesia
Hewan memiliki bagian-bagian tubuh yang berbeda. Ada yang memiliki kaki 4, 2, ada yang bersayap, sirip, dll. Masing-masing bagia tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. Misalnya pada serangga dan laba-laba, jumlah kaki dan sayapnya berbeda.

F.       Pendekatan dan Metode
Pendekatan       : scientific ( observating, questionary )
Strategi                                : cooperative learning
Metode               : penemuan/discovery



G.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.       Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.       Menginformasikan bahwa pelajaran akan membahas tentang tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup
4.       Menyampaikan tujuan dan manfaat materi pelajaran untuk diri sendiri, orang lain dan lingkungan
5.       Kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan oleh siswa, mulai dari perilaku yang dilakukan terhadap hewan, menggambar dan menulis teks deskriptif, menuliskan perbedaan antara laba-laba dan serangga dalam bentuk tabel
6.       Hasil yang diharapkan :
Sikap: menghargai, menghormati dan menjaga lingkungan dan makhluk hidup
Keterampilan : mencoba, mengolah, menyaji
Pengetahuan  : persamaan dan perbedaan laba-laba dan serangga, akibat tindakan manusia.
7.       Penilaian yang dilakukan, meliputi : penilaian kinerja, penilaian produk dan tes lisan

5 menit
Inti
1.       Kegiatan diawali dengan guru bertanya apakah tindakan yang dilakukan oleh siswa sebelum berangkat sekolah dan pengaruhnya
2.       Siswa diminta menyebutkan reaksi jika diolok-olok atau dicubit teman dari pengalaman sehari-hari
3.       Guru menanyakan kepada siswa apakah hewan memiliki persamaan dengan manusia.
4.       Guru menyampaikan bahwa seperti halnya manusia, hewan juga membutuhkan kasih sayang. Mereka ingin hidup tenang di alam bebas. Namun hak mereka menjadi terganggu ketika manusia merusak tempat tinggal mereka dan bahkan mengurung mereka dalam sangkar atau kandang
5.       Siswa diminta menyebutkan berbagai reaksi hewan misalnya kucing jika tiba-tiba diinjak oleh manusia
6.       Siswa diminta melengkapi gambar laba-laba dan serangga dan menulis teks deskriptif berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan dan menuliskan di kolom tentang perbedaan laba- laba dan serangga yang telah disediakan di buku siswa
7.       Siswa melaporkan hasil pengamatan tentang perbedaan laba- laba dan serangga serta mendiskusikannya dalam kelas.

20menit
Penutup
1.       Guru bersama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar
2.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari untuk mengetahui hasil ketercapaian materi
3.       Melakukan penilaian hasil belajar
4.       Mengajak semua siswa berdoa menurut agam dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
5.       Mengamati sikap siswa dalam berdoa dan sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dsb
6.       Apabila siswa kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah berdoa langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih baik/ disempurnakan
10menit

A.      Sumber dan Media
1.       Laba-laba dan serangga (mainan)
2.       Gambar laba-laba dan serangga
3.       Diri siswa

B.      Penilaian
1.       Prosedur Penilaian
a.       Penilaian proses
b.      Penilaian hasil belajar

2.       Instrumen penilaian
a.       Penilaian proses
1)      Penilaian kinerja
2)      Penilaian produk
b.      Penilaian hasil belajar
Tes lisan dan tertulis

PENILAIAN
1.       Teks deskriptif tentang hewan dinilai dengan daftar periksa ( Bahasa indonesia)

No
Kriteria
ya
Tidak
1.
Saya mampu menyebutkan sedikitnya 4 bagian tubuh hewan dan jumlahnya dengan benars


2.
Saya mampu menyebutkan sedikitnya 4 bagian tubuh hewan dan fungsinya dengan benar



2.       Diagram venn tentang perbedaan laba-laba dan serangga (IPA)

No
Kriteria
ya
Tidak
1.
Siswa mampu menyebutkan sedikitnya 3 perbedaan laba-laba dan serangga



3.       Keterampilan menjawab pertanyaan tentang tindakan manusia terhadap hewan dinilai dengan daftar periksa (IPS)

No
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa dapat menuliskan pendapatnya tentang gambar dengan benar


2.
Siswa dapat menuliskan pendapatnya tentang cara memperlakukan hewan pada gambar dengan benar






Mengetahui,
Kepala Sekolah



………………………..
NIP ………………..
Guru Kelas



Zahrotul Mujahidah, S. Pd.
NIP ………………………

No comments:

Post a Comment