Modul Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual
Contoh kegiatan layanan peminatan yang tepat untuk dilakukan pada jenjang PAUD adalah...
A Mengajak peserta didik melakukan kunjungan lapangan ke dunia kerja
B Mengajak peserta didik berkunjung ke perguruan tinggi
C) Pemaparan tentang masa depan dalam konteks karir
D) Memperkenalkan bidang-bidang yang relevan di lingkungan sekitarnya
Peserta didik yang berada dalam kategori Artistic memiliki minat pada...
A Pekerjaan yang membutuhkan kekuatan otot
B Individu lain dibandingkan dengan alat kerja
C Hal-hal yang mendetail, terorganisir, dan berkaitan dengan data
D Situasi yang memberikan mereka keleluasaan untuk memanfaatkan kreativitas
Pada saat pembelajaran berdiferensiasi di mata pelajaran mulok Bahasa Jawa, Dinda memilih untuk membuat poster sebagai produk pembelajaran. Salah satu minat yang terlihat dari pilihan produk Dinda adalah...
A Minat terhadap bahasa jawa
B Minat terhadap seni rupa
C Minat terhadap seni pertunjukan
D Minat terhadap pembelajaran berdiferensiasi
Berikut merupakan beberapa rangkuman dari hasil pemetaan kebutuhan ekstrakurikuler di SMP Merdeka. 1. Sebagian besar peserta didik kelas VIII menginginkan ekstrakurikuler sepakbola.
Sebagian besar peserta didik kelas VII dan IX tertarik dengan coding 3. Mayoritas peserta didik di SMP Merdeka ingin mengembangkan keterampilan renang Saat ini, SMP Merdeka hanya memiliki sumber daya untuk mengembangkan satu ekstrakurikuler dan tidak memiliki fasilitas kolam renang. Maka, layanan peminatan yang menjadi prioritas adalah...
A Menyediakan ekstrakurikuler coding dan sepak bola
B Menyediakan ekstrakurikuler coding
C Menyediakan ekstrakurikuler renang
D Menyediakan ekstrakurikuler sepak bola.
Bentuk layanan peminatan yang kurang tepat untuk anak berkebutuhan khusus tunarungu adalah...
A Melakukan diskusi dengan narasumber melalui telepon
B Mengundang narasumber langsung ke sekolah
C Berkomunikasi dengan narasumber melalui panggilan video
D Menunjukkan berbagai macam bidang dan profesi lewat video yang beragam
Layanan peminatan seperti kegiatan Hari Karis dapat dilaksanakan dengan melibatkan orang tua peserta didik sebagai.....untuk menceritakan pengalamannya mengenai profesi tertentu.
A Peserta Kegiatan
B Narasumber
C Guru
D Peserta Didik
Ketika peserta didik terlihat mengalami kesulitan terus menerus dan merasa tertekan di kejuruan yang saat ini dijalani, pilihan apa yang dapat pendidik berikan?
A Meyakinkan peserta didik untuk melanjutkan di jurusan saat ini
B Memberikan pilihan untuk mencoba jurusan yang diinginkan di tahun berikutnya setelah pendidik melakukan observasi dan konseling
C Memberikan berbagai alternatif pilihan karir
D Meminta teman-teman peserta didik untuk meyakinkan peserta didik
Berikut ini rekomendasi yang dapat diberikan pendidik untuk kegiatan pengembangan minat adalah...
A Kegiatan dapat dilakukan di dalam satuan pendidikan maupun di luar satuan pendidikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
B Kegiatan harus selalu dikelola oleh satuan pendidikan
C Kegiatan harus selalu dilakukan di luar satuan pendidikan agar wawasan peserta didik semakin bertambah
D Kegiatan harus selalu melibatkan narasumber yang kredibel pada karir yang diminati
No comments:
Post a Comment